alexa snippet

Monza Rally Show 2016

Rossi Ditantang Dani Sordo, Kroser Legendaris, dan Davide Brivio

Rossi Ditantang Dani Sordo, Kroser Legendaris, dan Davide Brivio
Valentino Rossi di dalam mobilnya di Monza Rally Show 2015 (Foto/monsterenergy)
A+ A-
MONZA - Monza Rally Show 2016 akan segera berlangsung di Autodromo Nazionale Monza, Italia, Jumat-Minggu (2-4 Desember). Tapi, mengapa media massa dan pecinta balap dunia amat menantikan ajang tersebut? Padahal, ajang ini boleh dibilang hanya sebuah event hiburan. Apakah karena Valentino Rossi selalu menyempatkan diri ikut jadi salah satu pesertanya?

Ya, Monza Rally Show bukanlah perlombaan kejuaraan dunia MotoGP. Valentino Rossi juga tidak akan menemukan Marc Marquez atau Jorge Lorenzo di sini. Tapi, Monza Rally Show ternyata memiliki arti penting bagi The Doctor.

Seperti dilaporkan GPOne, itu karena Monza Rally Show, adalah salah satu ajang di mana Rossi benar-benar ingin melakukannya dengan sebaik mungkin. Pembalap 37 tahun itu, diklaim tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk berlomba di event ini.

Tahun lalu, dia merebut gelar keempatnya di Monza Rally Show. Akan tetapi, pada sesi Master Show, Rossi dipaksa kalah dari seorang kroser MX legendaris, Tony Cairoli. Tentunya, kekalahan itu amat diingat oleh Rossi, yang disebut akan berusaha menebusnya pada edisi 2016.

Tekad Rossi untuk kembali berjaya di Monza Rally Show, membuatnya tak punya kesempatan untuk memulihkan kondisi fisiknya. Karena pada 23-24 November lalu, dia baru saja mengikuti sesi tes akhir musim MotoGP 2016, di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Sepekan berselang dari tes tertutup tim Yamaha Factory Racing tersebut, Rossi sudah siap beraksi dengan mobil reli Ford Fiesta WRC. Dia akan ditemani navigator Carlo Cassina.

Valentino menargetkan kemenangan dalam lomba akhir pekan ini (akan jadi gelar kelimanya), yang akan berlangsung di sirkuit dengan julukan ‘kuil kecepatan’ (temple of speed), Monza. Namun, dia tetap harus mewaspadai lawan-lawannya, salah satunya Dani Sordo. Pereli Spanyol itu pernah mengalahkan Rossi di ajang ini edisi 2013. Tapi, saat itu Dani menggunakan Citroen DS3 WRC, sedang kini dia memacu Hyundai i20 WRC.

Pun, jangan dilupakan lawan-lawan Rossi lainnya. Toni Cairoli bakal coba kembali menjegal Rossi seperti edisi tahun lalu. Lalu masih ada rekan setim Rossi, pasangan Roberto Brivio-Davide Brivio. Juga hadir sahabat The Doctor, Uccio, yang akan ditemani navigator Mitia Dotta di atas Ford Fiesta WRC.

Sementara itu, tampaknya ajang reli ini semakin populer di kalangan pembalap motor dunia. Karena Andrea Locatelli, yang akan memulai debutnya di Moto2 2017 bersama tim Italtrans, juga bakal ambil bagian di Monza Rally Show 2016 dengan memacu Ford Fiesta R5, mobil yang tahun ini memenangkan Kejuaraan Reli Italia di tangan Giandomenico Basso.



(sbn)
dibaca 32.238x
loading gif
Top