alexa snippet

Jelang Australia Terbuka 2017

Nadal Tak Berani Patok Target Selangit di Australia Terbuka

Nadal Tak Berani Patok Target Selangit di Australia Terbuka
Rafael Nadal mencoba realistis tampil di Australia Terbuka 2017. Foto : Istimewa
A+ A-
MELBOURNE - Rafael Nadal rupanya tahu diri dengan kemampuan yang akan dipakai untuk berlaga di Australia Terbuka 2017. Meski kaya pengalaman dan pernah menjadi raja di tenis dunia, tidak jadi jaminan akan menuai sukses dan Nadal pun tak berani mematok target selangit di grand slam seri perdana musim ini.

Perjuangan Nadal untuk kembali meniti prestasi tinggi tahun ini masih terjal. Selain dirinya belum sepenuhnya keluar dari deraan cedera, persaingan di luar sana pun begitu ketat. Itu pula yang jadi alasan petenis Spanyol mencoba realistis.

Padahal jika menyimak rekam jejak aksinya di awal tahun bisa dibilang tidaklah buruk. Dari enam pertandingan yang sudah dilakoni, Nadal yang kini berada di peringkat sembilan dunia itu menunjukkan grafik meningkat.

Dalam sebuah tanding ekshibisi di Abu Dhabi, catatan moncer juga berhasil diperlihatkan Nadal. Kemenangannya dilalui dengan perjuangan usai mengalahkan petenis berkualitas macam Milos Raonic, Tomas Berdych dan David Goffin.

Sayang aksi menawan Nadal tak berlanjut saat tampil di Brisbane International. Tapi, tidak terlalu buruk juga karena Nadal bisa melaju sampai perempat final sebelum dikalahkan Raonic.

"Saat Anda datang ke suatu turnamen, Anda harus mengerahkan semua perhatian di setiap momen, di latihan dan pertandingan. Pastinya semua lawan sangat berbahaya," ucap Nadal menyinggung soal persaingan di Australia Terbuka kali ini seperti dilansir laman resmi turnamen, Rabu (11/1/2017).

Ia mencontohkan bagaimana kejadian tahun lalu di mana semua persiapan sudah dilakukan dengan baik tidak menjamin hasilnya pun bagus. "Tahun lalu saya merasa siap. Bermain di Abu Dhabi dan Doha bagus. Punya masa persiapan di Melbourne dan saya kalah di babak pertama. Jadi Anda tak pernah tahu dan tidak bisa memprrediksi apa yang akan terjadi," ungkap Nadal.

Pengalaman itulah yang membuat Nadal untuk tetap fokus tanpa memikirkan soal target. "Satu hal yang saya pikirkan adalah untuk terus bekerja dengan cara yang sama. Saya akan terus berusaha yang terbaik di setiap momen. Saya bekerja keras untuk kembali usai mengalami cedera dan sekarang saya sudah merasakan kondisinya sudah lebih baik."

Lalu bagaimana dengan peluangnya untuk bisa kembali menapaki persaingan di tiga besar dunia? Nadal berujar perlu waktu sekitar tiga bulan untuk menganalisa permainannya. "Melihat dalam dua pekan pertama di musim ini semuanya masih positif. Tapi, saya tidak hanya fokus di Australia Terbuka saja. Biarkan saya bermain tiga bulan dan kemudian kita akan melihat apa yang bisa saya lakukan."

Harapannya Australia Terbuka menjadi jalan awal Nadal untuk kembali mengarungi musim 2017 ini dengan gemilang. "Tujuan saya memenangkan setiap pertandingan. Ketika saya ke lapangan, saya mencoba untuk kompetitif dan mencoba bugar agar bisa mengikuti semua jadwal."



(bbk)
views: 2.291
loading gif
Top