alexa snippet

Reli Dakar 2017

Bencana Alam Membuat Lomba Etape 9 Reli Dakar 2017 Dibatalkan

Bencana Alam Membuat Lomba Etape 9 Reli Dakar 2017 Dibatalkan
Para peserta lomba Reli Dakar 2017 tampak berbaris tertahan untuk melewati longsor di etape 8. (Foto/Motorsport)
A+ A-
SALTA - Usai pemotongan jarak lomba pada etape 5, 7, dan 8. Reli Dakar 2017 mengulangi pembatalan etape 6 di etape 9 yang berlangsung Rabu (11/1) waktu setempat.

Ya, seperti dilaporkan Motorsport. Pihak penyelenggara Reli Dakar 2017 telah membatalkan etape 9, yang sedianya digelar pada Rabu (11/1). Pembatalan dikarenakan terjadi longsoran batu (rock slide).

Rute etape 9 sendiri akan melintasi medan alam dari Salta menuju Chilecito, atau dikenal dengan nama “Super Belen”. Etape ini memiliki Special Stage (SS/tahapan spesial) sepanjang 406 km, dan merupakan salah satu tahapan yang paling dinantikan oleh para pembalap peserta lomba.

Namun, cuaca buruk yang kembali melanda saat etape 8, memaksa pihak penyelenggara untuk akhirnya membatalkan etape 9.

Pembatalan lomba etape 9 terpaksa dilakukan panitia penyelenggara, karena terjadi longsoran batu pada penghubung jalan dari Special Stage dan bivak (tempat berlindung di alam bebas/camp) Salta, jaraknya sekitar 160 km dari tujuan.
Para peserta lomba Reli Dakar 2017 tampak berbaris tertahan untuk melewati longsor di etape 8. (Foto-Motorsport)2
Kendaraan bantuan dan para pembalap telah dialihkan ke jalan berbeda melalui San Antonio de Los Cobres, tapi rupanya tidak layak. Itu artinya, pembalap tidak akan mampu mencapai bivak dan mempersiapkan diri untuk etape 9.

Akibatnya, Reli Dakar 2017 pun akan menggunakan bivak Chilecito, untuk kemudian meneruskan rute sesuai jadwal. Dalam pernyataan yang dirilis pihak penyelenggara juga menyatakan, bahwa mereka telah meminjamkan sumber daya listrik ke desa terdekat Volcan, yang juga dilanda hujan badai dan longsoran lumpur.

Adapun hingga etape 8, Sebastien Loeb (tim Peugeot Sport), untuk pertama kalinya di Reli Dakar 2017 memimpin klasemen sementara kategori mobil. Sedangkan di kategori motor, Sam Sunderland bertahan di urutan teratas bersama KTM pacuannya.



(sbn)
views: 2.059
loading gif
Top