45 Bahasa Gaul tahun 2023 di Medsos, dari Bjir sampai Nurul

Selasa, 08 Agustus 2023 - 16:20 WIB
loading...
45 Bahasa Gaul tahun 2023 di Medsos, dari Bjir sampai Nurul
Bahasa gaul di media sosial terus berkembang dengan pilihan kata yang unik dan menarik. Foto/Carlo A, Getty Images
A A A
JAKARTA - Bahasa gaul dalam percakapan sehari-hari semakin cepat berubah, apalagi jika di ranah media sosial. Hampir dalam hitungan minggu selalu ada bahasa baru yang muncul dan kadang sulit dipahami.

Bahasa gaul ini sering kali diciptakan dan banyak digunakan oleh Gen Z. Bahasanya juga menjadi salah satu aspek menarik yang mencerminkan perubahan sosial dan budaya yang terjadi.

Berikut ini daftar bahasa gaul yang sering dipakai Gen Z di media sosial.


1. Bjir

Bjir adalah variasi lain dari kata “anjir”, meskipun begitu, fungsi dan penggunaannya tetap sama, yaitu untuk menggambarkan rasa kaget, atau bisa juga dipakai untuk menekankan sesuatu secara berlebihan atau dramatis.

2. Lololo Ga Bahaya Ta

Ungkapan ini bisa dipakai untuk menggambarkan situasi yang sebenarnya dapat membahayakan seseorang jika dilakukan tapi tetap mereka lakukan. Meski begitu, kalimat ini dipakai untuk menciptakan kesan komedi atau melucu.

3. Bilek

Bilek adalah kata serapan dari kata dalam bahasa Inggris "be like". Penggunaan bilek adalah untuk memberi pengandaian tingkah laku seseorang.

4. Asing Banget Kaya Ga Pernah

Ungkapan ini dipakai untuk menanggapi orang yang dulunya dekat, tapi perlahan menjauh seperti orang tidak kenal walaupun mereka sudah melakukan banyak hal bersama

5. Emang Boleh…

Ungkapan ini dipakai dalam berbagai konteks, mulai dari sarkasme sampai lucu sekali pun. Misalnya untuk kesan melucu, memakai kata-kata, "Emang boleh segemes ini?"

6. Cegil

Cegil adalah kependekan dari “cewek gila”. Meski awalnya dipakai dalam konotasi yang negatif, belakangan ini, cegil sering dipakai dalam konteks candaan.

7. Cogil

Cogil adalah kependekan dari “cowok gila”. Cogil sering digunakan untuk menggambarkan kekesalan kepada tingkah laki-laki.

8. Xixixi

Selain “hahaha” dan “wkwkwk”, xixixi adalah cara tertawa baru yang ada di sosial media.

9. Si Paling…

Si paling digunakan sebagai sindiran kepada seseorang yang mengklaim dirinya sebagai yang paling tahu akan suatu topik.

10. Kasian.. Mana Masih Muda

Dipakai saat menonton video remaja atau anak kecil yang perilakunya menimbulkan rasa kasihan, tapi lucu sehingga membuat tertawa..

11. Gamon

Gamon adalah singkatan dari “gagal move on”. Ungkapan ini bisa dipakai dalam konteks gagal melupakan konser yang baru didatangi ataupun gagal melupakan mantan kekasih.

12. NT

Nice Try atau NT adalah ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi tetap tidak berhasil mendapatkan target mereka. Meskipun cocok untuk dipakai di konteks apa pun, NT lebih sering dipakai dalam konteks percintaan.

13. Damagenya Ga Ada Obat

Berasal dari kosakata dalam game, “damage” berarti “kerusakan”. Namun,kali ini damage digunakan dalam menanggapi sesuatu yang mengagumkan.

14. Gas

Semangat atau setuju untuk melakukan sesuatu.

15. Iri Bilang Bos

Ungkapan ini dipakai saat ada orang yang tidak suka dengan pendapat atau komentar orang lain.

16. Bucin

Singkatan dari "budak cinta", merujuk pada seseorang yang terlalu mencintai pasangannya.

17. Kepo

Suka ikut campur atau ingin tahu tentang urusan orang lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)