Panggil Google Besok, DJP Siap Buka-bukaan Data Pajak

Rabu, 18 Januari 2017 - 16:51 WIB
Panggil Google Besok, DJP Siap Buka-bukaan Data Pajak
Panggil Google Besok, DJP Siap Buka-bukaan Data Pajak
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Ken Dwijugiasteadi akan memanggil Google besok. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan buka-bukaan data pajak dengan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

(Baca: Google Bakal Diseret ke Penjara jika Ngotot Tak Bayar Pajak)

Ken mengaku sudah memegang data lengkap terkait pajak Google. Berkas ini jadi amunisi pemerintah untuk meminta kebenaran dari perpajakan mereka.

"Ya namanya dipanggil, kita lihat saja besok, eggak (mangkir) lah. Saya ada datanya, gitu saja. Saya mau buka datanya, mereka kan kalau dimintain data kan mbulet. Saya yang punya data, minta penjelasan sama dia benar atau enggak," ujarnya di DPR, Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Menurutnya, semua perusahaan yang mengembangkan bisnis di Indonesia harus taat dengan aturan yang berlaku termasuk soal perpajakan. Pemerintah juga bertindak mengacu perundang-undangan dengan tidak mengancam atau memaksa.

"Bukan, semuanya harus sesuai peraturan perundang-undangan. Kalau ketentuan sudah ada ya saya tinggal menyesuaikan, bukan saya maksa-maksa terus diancam-ancam, enggak-enggak," kata dia.

Ken mengaku sudah menyiapkan segala berkas terkait pajak Google dan akan disampaikan besok. Untuk penyidikan, Ken bilang akan meminta pihak tertentu agar bertanggung jawab atas penunggakan perpajakan ini.

"Dokumen kan enggak harus fisik, pakai smartphone. Penyidikan yang bisa kena siapa saja? Ya yang bertanggung jawab," ujarnya.

Baca Juga:

Tak Bayar Pajak, Sri Mulyani Harap Google Hormati Indonesia
Google Didesak Terbuka Soal Tunggakan Pajak di Indonesia
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8810 seconds (0.1#10.140)