Doa dan Amalan Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

Rabu, 09 Agustus 2023 - 21:02 WIB
loading...
Doa dan Amalan Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal
Doa agar terhindar dari fitnah Dajjal ini dibaca ketika Tasyahud akhir sebelum Salam. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa dan amalan agar terhindar dari fitnah Dajjal bisa diamalkan oleh kaum muslim. Doa ini bersumber dari Hadis Rasulullah ﷺ.

Mengapa harus berlindung dari fitnah Dajjal? Karena sejak diutusnya Nabi Adam 'alaihissalam hingga Hari Kiamat nanti, fitnah Dajjal merupakan ujian paling dahsyat sehingga semua Nabi pasti mengingatkannya. Di antara fitnah Dajjal yang masyhur, ia dapat menyesatkan manusia dengan membawa surga dan neraka. Kemudian, dia dapat menghidupkan kembali orang yang mati. Na'udzubillaah.

AMALAN
Rasulullah ﷺ memerintahkan umatnya agar banyak berdoa memohon perlindungan kepada Allah. Beliau bersabda: "Berlindunglah kalian kepada Allah dari segala fitnah, baik yang tampak ataupun yang tersembunyi." (HR Muslim 2867)

Dari Abu Darda' radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal." (HR Muslim 809). Dalam riwayat lain disebutkan, "Dari akhir Surat Al-Kahfi." (HR Muslim 809)

DOA TERHINDAR DARI FITNAH DAJJAL
Selain Surat Al-Kahfi, berikut doa yang dapat dibaca agar terhindar dari fitnah dajjal. Doa ini dibaca ketika Tasyahud Akhir sebelum Salam. Berikut lafaznya:

اَللَّهُمَّ إِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

"Allaahumma inni a'uudzubika min 'adzaabil qabri wa min 'adzaabinnaari jahannama, wa min fitnatil mahyaa wal mamaati, wa min fitnatil masiihid Dajjaal.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari azab Jahannam, azab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal." (HR Muttafaq 'Alaih)

Itulah doa dan amalan yang dapat kita amalkan agar Allah berkenan melindungi kita dari fitnah Dajjal yang bakal muncul di akhir zaman.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)