Inilah 15 Manfaat Surat Yasin ketika Dibaca Rutin

Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:29 WIB
loading...
Inilah 15 Manfaat Surat Yasin ketika Dibaca Rutin
Setidaknya ada 15 manfaat surat Yasin ketika dibaca rutin. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sebelum membahas 15 manfaat surat Yasin ketika dibaca rutin, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu surat yang dimaksud. Surat Yasin terdiri atas 83 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan sesudah surat Jin. Surat ini dinamakan Surat Yasin karena merujuk pada perkataan Fatir yang terdapat pada ayat pertama.

Sebagaimana halnya arti huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan beberapa surat Al-Qur’an, maka demikian pula arti Yasin yang terdapat pada permulaan surat ini, artinya Allah mengisyaratkan bahwa sesudah huruf tersebut akan disebutkan hal-hal yang penting antara lain, Allah bersumpah dengan Al-Qur’an bahwa Muhammad benar-benar rasul yang diutus-Nya kepada kaum yang belum pernah diutus rasul-rasul kepadanya.



Surat Yasin banyak manfaatnya. Hal ini sebagaimana disampaikan hadis dari Ma’qil bin Yassar yang meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, “Al-Baqarah adalah punuknya Al-Qur'an dan dikeluarkan ayat ‘Allahu la ilaha illa huwal-hayyul-qayyum’ (QS. Al-Baqarah: 225) dari bawah ‘arsy. Adapun Yasin adalah inti dari Al-Qur’an. Tidaklah seseorang yang membacanya dengan niat menginginkan Allah dan negeri akhirat, melainkan ia akan diampuni. Bacalah ia pada orang-orang yang hendak meninggal di antara kalian.” (HR Ahmad)

Pada dasarnya membaca surat Yasin banyak manfaatnya. Membaca Surat Yasin adalah membaca al-Quran. Maknanya, manfaat membaca Surat Yasin bisa juga diterjemahkan sama dengan manfaat membaca al-Quran. Berikut selengkapnya manfaat surat Yasin atau membaca al-Quran ketika dilakukan secara rutin:

1. Diampuni Dosa-dosanya

Sebuah hadis yang diriwayatkan Ad-Darimi dari Abu Hurairah ra menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Barangsiapa yang membaca Yasin pada suatu malam dengan mengharapkan wajah Allah, maka ia akan diampuni pada malam itu.”

Hal itu juga disebut dalam hadis riwayat At Thabrani. Disebutkan bahwa saat seseorang membaca surat Yasin di malam hari, maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni.



2. Dianggap Mati Syahid

Dalam riwayat At-Thabrani juga dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca surat Yasin setiap malam hari, maka dia akan dipermudah ajalnya.

Bahkan, saat meninggal orang tersebut dalam keadaan syahid. Dalam sebuah hadis dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid,” (HR At-Thabrani).

3. Mendapatkan Ketenangan Hati

Membaca Al-Qur'an sama halnya dengan berzikir. Seseorang yang memperbanyak zikir maka hatinya akan tenang. "Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram,” (QS Ar-Ra’ad :28).

Surat Yasin adalah inti Al-Qur’an dan disunahkan membacanya pada orang yang hendak meninggal. “Al-Baqarah adalah punuknya Al-Qur'an dan dikeluarkan ayat ‘Allahu la ilaha illa huwal-hayyul-qayyum’ (QS. Al-baqarah: 225) dari bawah ‘arsy. Adapun Yasin adalah inti dari Al-Qur’an." (HR Ahmad)

Allah Ta’ala dalam surat Ara-ra’d pada ayat 28 berfirman: “Orang orang yang beriman akan memiliki hati yanag tenang dan tenteram jika selalu ingat dengan Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingatnya Allahlah, hatimu menjadi tenteram.”



4. Meningkatkan Keimanan dan Pahala

Apabila seseorang membaca surat Yasin dengan memahami artinya, maka orang tersebut akan memahami betapa besar keagungan Allah SWT.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)