Olympic

Kabupaten Bandung seleksi atlet catur

Kabupaten Bandung seleksi atlet catur

Sindonews.com - Cabang catur Kota Bandung mulai gencar melakukan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) XII Jawa Barat 2014. Memaksimalkan sumber daya manusia di daerah sendiri, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Bandung menjaring atlet potensial dari tataran kecamatan.

Sekretaris Umum Percasi Kota Bandung Ayub mengatakan, sebagai realisasi program tersebut, pihaknya siap menggelar kejuaraan catur antarkecamatan se Kota Bandung. Even itu akan dilaksanakan pada 23-25 November 2012, dan dipusatkan di GOR Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Jalan Jakarta, Kota Bandung. 

''Akhir bulan ini kami menggelar kegiatan bertajuk Kejuaraan Catur Beregu Antarkecamatan se Kota Bandung. Kejuaraan ini merupakan bagian dari program kerja tahunan 2012 yang diamanatkan dalam rapat anggota. Sekaligus juga sebagai ajang penggalian bibit atlet dari tataran akar rumput. Terutama dalam rangka persiapan Porda Jawa Barat yang rencananya digelar di Kabupaten Bekasi 2014 nanti,” kata Ayub di Kantor KONI Kota Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Selasa (6/11). 

Kejuaraan ini, kata Ayub , merupakan agenda tahunan Percasi Kota Bandung. Meski baru memasuki tahun kedua, pihaknya mengaku telah merasakan manfaat even tersebut. Mulai dari semakin variatifnya pemilihan atlet, hingga terbantunya proses publikasi olahraga catur di masyarakat Kota Bandung. Kejuaraan seperti ini juga dapat dijadikan sarana penambahan jam terbang bagi atlet-atlet muda.

''Kejuaraan antarkecamatan ini pertama kali digelar pada tahun 2011. Ini sudah menjadi agenda rutin tahunan kami sebagai upaya peningkatan prestasi dan minat masyarakat terhadap olah raga catur. Pada even ini kami menyediakan piala bergilir, piala tetap, dan uang pembinaan bagi atlet yang keluar sebagai juara. Karena itu, kami upayakan semua kecamatan di Kota Bandung bisa mengikuti kejuaraan ini,” ujar Ayub. 

Dia berharap, muncul atlet-atlet muda yang bisa menjadi andalan Kota Bandung di masa mendatang. Nantinya, atlet berbakat akan direkrut dan menjalani pembinaan untuk menghadapi berbagai even olahraga daerah. Bahkan, jika memiliki potensi dan prestasi luar biasa, tidak menutup kemungkinan atlet tersebut mendapat kesempatan untuk berkiprah di ajang nasional.

''Dengan semakin banyaknya kejuaraan catur seperti ini, para atlet dari tataran kecamatan atau di bawahnya bisa mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk berprestasi. Kami pun berkesempatan untuk merekrut atlet-atlet potensial untuk dibina, karena melalui kejuaraan-kejuaraan seperti ini atlet muda berbakat bisa terlihat,” kata Ayub.

Hingga kini, pemberdayaan atlet dari tataran akar rumput terus dilakukan Percasi Kota Bandung. Hal itu terbukti dengan telah terbentuknya 22 pengurus Percasi tingkat kecamatan. Ayub berharap, di masa mendatang Percasi dapat dibentuk di tiga puluh kecamatan yang berada di wilayah Kota Bandung.

''Saat ini, anggota Percasi Kota Bandung adalah pengurus Percasi tingkat kecamatan. Kalau klub, itu sifatnya profesional. Kami terus upayakan pembentukan Percasi hingga merata di seluruh kecamatan di Kota Bandung. Sehingga pembinaan dan kegiatan-kegiatan olahraga catur bisa merata ke seluruh wilayah cakupan kami,” pungkasnya.

(aww)

views: 966x
shadow