Dunia

Semen Padang memburu juara Piala AFC

Decky Irawan Jasri

Jum'at,  3 Mei 2013  −  17:08 WIB
Semen Padang memburu juara Piala AFC
Skuad Semen Padang FC

Sindonews.com - Semen Padang mamancang target juara Piala AFC 2013. Keyakinan tersebut membuncah setelah Kabau Sirah, julukan Semen Padang, mampu lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup E tanpa sekalipun menelan kekalahan.

Berstatus jawara kompetisi Indonesian Premier League (IPL) musim 2011/2012, Semen Padang mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai salah satu klub terbaik Indonesia saat ini. Tergabung dalam Grup E bersama Kitchee FC wakil Hong Kong, Churchill Brothers (India), dan Warriors FC (Singapura), Semen Padang tidak terkalahkan dalam enam laga di Grup E. Detailnya, lima kemenangan berhasil dikantongi Titus “Tibo” Bonai dkk. Adapun satu laga sisa, berakhir dengan hasil imbang.
Di babak 16 besar nanti, Semen Padang akan berhadapan dengan Da Nang FC yang jadi perwakilan Vietnam. Laga kontra Da Nang, Semen Padang akan bertindak sebagai tuan rumah, pada 14 Mei mendatang. Target lolos ke babak selanjutnya dan keluar sebagai juara Piala AFC jadi incaran Kabau Sirah.
 
''Harapan kami tentu saja bisa tampil lebih baik di babak-babak selanjutnya. Tentu saja, kami berharap bisa keluar sebagai juara Piala AFC tahun ini. Walau memang, kami harus bisa lebih bekerja keras lagi untuk bisa keluar sebagai juara,” ungka pelatih Semen Padang, Jafri Sastra, saat dihubungi wartawan.
 
Klub asal Indonesia sendiri memang belum pernah sekalipun keluar sebagai yang terbaik di ajang Piala AFC. Adapun hasil terbaik yang dicapai klub-klub Tanah Air di ajang itu hanyalah mampu mencapai babak perempat final. Di mana prestasi tersebut dicatatkan Persipura Jayapura pada tahun 2011 dan Arema Indonesia (2012).
 
Jafri pun berusaha memuluskan target tinggi yang dicanangkan Semen Padang dengan berbagai evaluasi. Dan yang jadi fokus utama pembenahan, ditargetkan bisa adanya perubahan permainan saat bertemu Da Nang.
 
''Untuk menjadi juara, saat ini kamu mencoba melakukan evaluasi secara menyeluruh. Bagaimana mematangkan program-program sebelum laga kontra Da Nang. Saya sadar, mereka bukanlah tim biasa-biasa saja. Kami saat ini, kami juga sudah memantau bagaimana mereka bertanding,” papa Jafri.
 
Melihat prestasi yang dicatatkan Semen Padang, manajemen pun siap memberikan dukungan secara maksimal. Akan tetapi, manajemen mengisyaratkan tidak lagi menambah pemain untuk partai-partai selanjutnya. Manajemen hanya berharap David Pagbe bisa segera pulih dan mendukung Semen Padang.
 
''Kalau dari manajemen, tentu saja kami akan terus mensuport Semen Padang bisa berlaga dimana pun. Karena apa? Karena saat ini, kami tidak hanya membawa nama Semen Padang. Akan tetapi, kami juga telah membawa Indonesia di kancah internasional,” jelas Ketua Umum (Ketum) Semen Padang, Erizal Anwar.
 
''Kalau berbicara masalah penambahan pemain, saya rasa kami belum bisa bicara kearah sana. Saat ini, kami sangat berharap Pagbe bisa  cepat sembuh dan bisa bermain di babak selanjutnya. Saat ini pun, dia sudah ikut berlatih bersama tim,” sambungnya.
 
Jika penambahan skuad belum bisa terealiasasi, tidak begitu untuk bonus pemain. Manajemen menegaskan, jika untuk bonus sudah pasti akan sediakan. Tidak hanya di partai internasional, di pertandingan-pertandingan lokal saja hal itu akan diberikan pihak manajemen.
 
Catatan Perjalanan Wakil Indonesia di Piala AFC :
2009 ; PSMS Medang – babak 16 besar
2010 ; Sriwijaya FC (SFC) – babak 16 besar
Persiwa Wamena – Juru kunci fase grup
2011 ; Persipura Jayapura – babak perempat final
SFC – babak 16 besar    
2012 ; Arema Indonesia – babak perempat final

 

(aww)

shadow