Metro

Menang lomba lawak, Fico belikan mamah rumah

R Ratna Purnama

Senin,  13 Mei 2013  −  11:24 WIB
Menang lomba lawak, Fico belikan mamah rumah
Ilustrasi (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Tak banyak yang tahu kalau Fico Fachriza (18), pemenang kedua Kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Session 3 (SUCI 3) adalah warga asli Depok. Fico adalah mahasiswa semester II yang tinggal di Bukit Rivaria, Sawangan, Depok.

"Alhamdulillah bisa menang. Hadiah yang aku dapat rencananya mau belikan mama rumah," ujar runner up SUCI 3 ini, di Depok, Senin (13/5/2013).

Kecintaannya pada dunia komedi, bermula karena seringnya menonton pertunjukkan stand up comedy. Dari situlah dia mendalami dunia lawak. "Kayaknya seru kalau ngelawak dengan cara seperti itu, tapi ternyata susah saat dipraktikkan," bebernya.

Dirinya harus bersaing dengan seribu peserta se-Indonesia. Dan dari Depok, ada empat peserta. Namun hanya dirinya yang lolos ke babak final bersama 17 finalis lainnya. Ketika dikarantina, dirinya mendapat banyak pembelajaran.

"Mentor finalis saat itu Raditya Dika dan Om Indro 'Warkop'. Kalau Radit kasih arahan tentang teknik stand up comedy, Om Indro kasih masukan tentang cara perform," paparnya.

Fico berhasil meraih juara kedua, karena gaya lawakannya yang khas. Misalnya dia pernah bawakan candaan tentang robot.

"Emh, aku ini pengen memelihara robot. Soalnya kalau pelihara robot enak, kalau mati enggak usah ngubur. Seminggu kemudian setelah pulang ke rumah, robot aku mati. Aku tanya robot, kamu mati yaa? Kata robotku, iya nih bos. Aku tanya kamu mau dikubur enggak? Robot bilang enggak usah bos, ngerepotin," tuturnya sambil melawak.

Melalui kegiatan itu, Fico mengaku tertarik terjun dan menekuni dunia dunia entertainmen sebagai karirnya. Dengan percaya diri, dia mengatakan jika kemenangannya ini merupakan langkah awal.

"Ini baru langkah awal saja. Stand Up Comedy merupakan wadah dan aspirasi bagi siapapun untuk berkomentar, mengenai apapun tapi dikemas dalam comedy cerdas. Tantangan ngelawak sendiri di depan mic, itu jadi acuan. Melihat penonton tertawa itulah penghargaan buat aku," pungkasnya.

 

(san)

shadow