Eropa

Rusia kerahkan kapal perang & kapal jelajah ke Mediterania

Yesi Syelvia

Kamis,  29 Agustus 2013  −  20:25 WIB
Rusia kerahkan kapal perang & kapal jelajah ke Mediterania
Kapal Rusia (istimewa)

Sindonews.com - Di tengah memanasnya retorika perang dunia Barat terhadap Suriah, Pemerintah Rusia telah mengumumkan rencana untuk menempatkan satu unit kapal anti-kapal selam dan satu unit kapal penjelajah berpeluru kendali ke Mediterania, Kamis (29/8/2013).

"Seperti kita ketahui, situasi di wilayah Mediterania timur mulai terbentuk, hal itu membutuhkan koreksi Angkatan Laut (AL) Rusia," ungkap sebuah sumber di Staf Umum Rusia, seperti dikutip, Interfax, kantor berita Rusia.

"Sebuah kapal anti-kapal selam besar dari Armada Utara akan bergabung dengan AL Rusia yang ada di sana selama beberapa hari depan. Mereka akan bergabung dengan Moskva, Satu kapal penjelajah roket dari Armada Laut Hitam, kapal itu segera memulai perjalanan menuju Selat Gibraltar," lanjut sumber itu.

Al Rusia kemudian membantah bahwa penyebaran itu terkait dengan peristiwa di Suriah dan mengatakan itu adalah bagian dari rotasi yang telah lama direncanakan kapal di Mediterania. 

AL Rusia tidak merinci ada berapa dan kapal apa saja dan berapa jumlah armada laut mereka yang sedang dalam perjalanan ke wilayah tersebut. Namun, di awal laporannya, Interfax telah memperjelas bahwa tujuannya rotasi adalah untuk meningkatkan kehadiran Angkatan Laut Rusia, bukan untuk menggantikan kapal-kapal Rusia di Mediterania.

 

(esn)

shadow