alexa snippet

Seluruh gelar Lance Armstrom terancam dicabut

Seluruh gelar Lance Armstrom terancam dicabut
Lance Armstrong
A+ A-
Sindonews.com - Atlet balap sepeda Lance Armstrong mengumumkan ia akan berhenti melawan tuduhan penggunaan obat terlarang oleh badan anti doping AS (USADA). Hal itu tentunya membuat gelar tujuh kali memenangkan kompetisi Tour de France berisiko dicabut.

Pembalap sepeda Lance Armstrong dalam pernyataan pada Associated Press, mengatakan ia tidak bersalah tetapi ia khawatir dengan tuduhan-tuduhan itu.

“Ada satu titik dalam hidup manusia saat ia harus berkata ‘Cukup sampai di sini,’” ujar Armstrong dalam pernyataan yang ia muat di situs Lancearmstrong.com.

 “Untuk saya, titik itu adalah sekarang. Saya telah berurusan dengan klaim bahwa saya berbuat curang dan tidak adil dalam memenangkan tujuh gelar Tours sejak 1999,” tambahnya.
 
Dalam pernyataan tersebut, Armstrong tidak mengakui penggunaan substansi pendorong performa dalam karirnya yang cemerlang sebagai atlet sepeda. Sebaliknya, ia mengatakan ia akan “mengambil kesempatan” untuk membungkam semua tuduhan itu.
 
Namun Armstrong mengatakan ia menolak berpartisipasi dalam proses USADA, yang ia sebut “berpihak dan tidak adil.”
 
Seperti diketahui, Armstrong pensiun dari olahraga profesional pada 2011. USADA menuduh ia menggunakan zat terlarang sejak 1996, termasuk zat penambah darah EPO, steroid dan transfusi darah.

Armstrong menuntut tuduhan itu dihapuskan dengan mengajukan kasus itu ke pengadilan federal tetapi ia kalah. "Ada satu titik dalam hidup seseorang ketika ia harus mengatakan 'Cukup adalah cukup.' Untuk saya, waktu itu adalah sekarang," kata Armstrong dalam pernyataan itu.

"Saya telah berusaha hidup dengan tuduhan bahwa saya curang dan saya tidak menang dengan jujur dalam tujuh kali Tour sejak 1999.

"Selama tiga tahun, saya menjadi obyek penyelidikan kriminal federal menyusul perburuan penyihir inkonstitusional yang dilakukan Travis Tygart (kepala USADA).

"Dampaknya pada keluarga dan pekerjaan di yayasan kami dan pada saya sendiri membawa saya pada keputusan ini, selesaikan semua hal yang tidak masuk akal ini."



(wbs)
dibaca 1.454x
loading gif
Top