alexa snippet

Tiga Nomor jadi target Tim Balap Sepeda DIY

Tiga Nomor jadi target Tim Balap Sepeda DIY
Balap Sepeda
A+ A-
Sindonews.com - Tim Balap Sepeda Daerah Istimewa Yogyakarta DIY optimistis bisa memberikan yang terbaik pada gelaran PON XVIII/2012 Riau, 9-20 September mendatang. DIY bakal bertanding di 4 nomor, 3 nomor di antaranya diprediksi masih dalam jangkauan mendulang medali.

Pelatih Tim Balap Sepeda DIY M Basri mengatakan, tim balap sepeda DIY yang disiapkan pada PON Riau sebanyak 11 atlet. Mereka akan bertanding di 4 nomor masing-masing team time trial, criterium, road race dan dwonhill. "Dari 4 nomor yang diikuti, peluang meraih medali ada di tiga nomor yakni team time trial, criterium dan road race," jelasnya, Senin (3/9/2012).

M. Basri mengakui, peluang merebut medali memang terbuka lebar di tiga nomor tersebut. Hanya saja, dia tidak berani memastikan medali apa yang bisa diraih. "Kita tidak bisa memastikan medali emas atau perak. Yang jelas, peluang kita membawa pulang medali entah itu emas, perak atau perunggu terbuka lebar," katanya.

Menurut dia, tanpa meremehkan kontingen lain, dari cabang olah raga (cabor) balap sepeda ini bakal didominasi para kontingen dari Pulau Jawa. Kontingen dari Pulau Jawa seperti Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan DIY bakal bersaing ketat di cabor ini. Dari 12 nomor yang diperebutkan pada PON Riau, kemungkinan besar akan disapu bersih para kontestan dari Pulau Jawa.

Basri optimis bisa bersaing dengan kontestan dari Pulau Jawa tersebut. Meski di atas kertas Kontingen Jatim dan Jabar di atas DIY, namun peluang membuat kejutan tetap terbuka. Kontingen Jatim di cabor ini mengirimkan 20 atlet dan menargetkan menyapi 4 medali emas. "Ada 12 nomor yang dipertandingkan, kita bisa meraih maksimal 3 nomor yang dipertandingkan tersebut," tegasnya.

DIY memiliki modal untuk mewujudkannya. Dari segi kesiapan fisik dan mental sudah dalam kondisi puncak. Saat ini, fokusnya adalah menjaga kondisi atlet agar tidak sakit atau cedera, mengingat gelaran PON satu pekan lagi. "Kita 100% sudah siap, tinggal menjaga kondisi atlet jangan ada yang sakit atau cedera. Itu saja," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kontingen DIY Mansur MS mengatakan, balap sepeda termasuk cabor yang menjadi andalan Kontingen DIY dalam mendulang medali emas di PON Riau. Dia berharap, dari cabor ini memberikan yang terbaik agar target Kontingen DIY meraih 20 medali emas bisa tercapai. "Balap sepeda termasuk yang diandalkan DIY," kata Kabid Pembinaaan dan Prestasi KONI DIY.



(wbs)
dibaca 2.315x
loading gif
Top