alexa snippet

Jelang PON XVIII ekonomi Riau meningkat

Jelang PON XVIII ekonomi Riau meningkat
PON Riau / Ist
A+ A-
Sindonews.com – Perputaran ekonomi dalam jumlah besar kemungkinan terjadi di Riau.Betapa tidak, jelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/ 2012 di Riau,tingkat antusiasme pedagang begitu tinggi menyambut multieventempat tahunan tersebut.

Pedagang pakaian khusus PON, misalnya.Mereka bermunculan di Pekanbaru seiring akan segera dimulainya pesta olahraga terbesar di Tanah Air.“Saya sudah sejak satu pekan berjualan baju khusus PON ini,”kata Anwar, pedagang yang membuka lapak di pinggir Jalan Harapan Raya,Pekanbaru,dikutip Antara. Para pedagang membuka lapak di pinggir-pinggir jalan utama perkotaan dengan memajang beragam harga dan jenis pakaian khusus PON.

Anwar mengatakan,kualitas pakaian yang dipajangnya beragam sehingga harganya pun bervariasi.“Ada yang murah dan ada juga yang mahal.Tergantung bahan dasar dan modelnya, ”ujarnya. Selain Anwar,terdapat pula para pedagang pengecer pakaian khusus PON Riau lainnya yang membuka lapak sederhana di Jalan Harapan Raya. Pemandangan serupa terjadi di sepanjang Jalan HR Subrantas.Puluhan pedagang pakaian khusus perhelatan olahraga nasional itu tampak berjejer di pinggir jalan dengan lapak-lapak sederhana.

Kebanyakan pakaian yang dipajang para pedagang itu merupakan kaus berkerah yang bergambar lambang PON XVIII/2012 serta maskot multievent tersebut.Lambang PON yang dimaksud, yakni gambar sebuah layar dan gelombang yang melambangkan daerah, Lancang Kuning. Lancang Kuning mempunyai makna beragam,salah satunya yakni daerah Riau dialiri empat sungai besar mulai Sungai Kampar,Sungai Rokan,Sungai Indragiri, dan Sungai Siak.

Keempat sungai itu merupakan sumber kehidupan yang merupakan kebesaran rakyat Riau. Bukan hanya para pedagang yang kemungkinan akan meraup untung.Para pelaku bisnis di Riau juga akan ketiban berkah.Sebut saja jasa penginapan, transportasi,hingga jasa lain yang berkaitan selama PON.Bahkan,sebagian besar penginapan di Riau telah menaikkan harga per malam sejak awal bulan ini.

Keputusan mereka menaikkan harga penginapan cukup wajar,karena jumlah permintaan terhadap kamar penginapan begitu tinggi saat pelaksanaan PON berlangsung. Apalagi,terdapat ribuan atlet hingga ofisial tim dari berbagai provinsi di Tanah Air yang akan menyerbu Riau. “Jelas,kami akan menaikkan harga penginapan,” sebut salah satu sumber di Grand Central Hotel Riau.



(wbs)
dibaca 1.496x
loading gif
Top