17 cabang olahraga nihil emas

Jum'at, 21 September 2012 - 20:01 WIB
17 cabang olahraga nihil emas
17 cabang olahraga nihil emas
A A A
Sindonews.com - Bukan hanya gagal mempertahankan gelar juara umum, namun Jawa Timur juga tergolong kontingen paling tidak produktif. Bayangkan, datang berkekuatan 777 atlet dan offisal, tapi jumlah medali didapat cuma 254 medali. Rinciannya, 86 emas, 83 perak dan 85 perunggu.

Ironisnya, tercatat 17 cabang olahraga gagal mendapatkan medali emas. Dua belas di antaranya merupakan cabor yang ditarget emas. Seperti balap motor, terbang layang, bulu tangkis, gulat, kempo, renang, sofbol, sepatu roda, taekwondo, tarung derajat, dan basket.

Sementara lima cabor lainnya memang sejak awal tidak dibebani target emas. Terbukti, di Riau semuanya tidak bisa membuat kejutan dan gagal membawa pulang emas. Yaitu bisbol, biliar, paralayang, renang Indah, dan tenis.

Apesnya lagi, hanya ada lima cabor yang menepati janji memenuhi target. Di antaranya, angkat besi, catur, gantole, loncat indah, dan ski air. Khusus ski air meski ada dua nomor andalan Jatim lepas yaitu trick riding putra dan wakeboard campuran. Namun bisa ditutupi dengan mendulang dua emas di trick riding putri dan wakeboard putri.

Manajer Ski Air Raharjo Priambodo mengatakan di ski air memang tidak bisa ditebak. Awalnya diprediksi Jatim bisa berjaya di sektor pria dan beregu campuran, tapi kenyataan malah semua di dapat di nomor putri. "Inilah olahraga, yang tepenting kami bisa memenuhi target KONI, " ujarnya.

Melihat perbandingan banyak cabor gagal dibandingkan sukses, Ketua Umum (Plt) KONI Jatim Erlangga Satriaagung, mengatakan harus ada perubahan dalam pola pembinaan di Jatim, "Kelembagaan program Puslatda harus diperjelas, KONI tidak boleh lagi hanya menyetujui usulan cabor, " ujar pria yang mengaku siap mundur dari jabatan Ketum KONI Jatim ini.

Cabor Tepat Target
Cabor Target Realisasi
Angkat Besi 1 1
Catur 1 1
Gantole 1 1
Loncat Indah 5 5
Ski Air 2 2

Cabor tanpa Emas

Cabor Target Realisasi
Basket 1 0
Bermotor 1 0
Bulu tangkis 2 0
Golf 2 0
Gulat 2 0
Kempo 1 0
Renang 7 0
Sepatu Roda 2 0
Sofball 1 0
Taekwondo 1 0
Tarung Derajat 1 0
Terbang Layang 2 0
Bisbol 0 0
Biliar 0 0
Paralayang 0 0
Renang Indah 0 0
Tenis 0 0
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7703 seconds (0.1#10.140)