5 Penyakit yang Menyebabkan Orang Mirip Zombie seperti All of Us Are Dead

Jum'at, 04 Februari 2022 - 05:35 WIB
loading...
5 Penyakit yang Menyebabkan Orang Mirip Zombie seperti All of Us Are Dead
Ada penyakit yang bisa menyebabkan orang yang mengidapnya mirip seperti zombie dalam drama Korea All of Us Are Dead. Penyakit ini memiliki beberapa gejala. Foto/Imdb
A A A
JAKARTA - Ada penyakit yang bisa menyebabkan orang yang mengidapnya mirip seperti zombie dalam drama Korea All of Us Are Dead . Penyakit ini memiliki beberapa gejala yang membuat pengidapnya seperti zombie.

Di antaranya adalah daging yang membusuk atau mati, keadaan seperti kesurupan yang akan merampas tanda-tanda fungsi kognitif yang lebih tinggi dari orang-orang, ketidakmampuan untuk berkomunikasi selain erangan dan gerutuan.

Gejala lainnya seperti gaya berjalan yang lambat dan terseok-seok, selalu merasa lapar dan ingin menggigit manusia. Penyakit ini cukup menakutkan. Apa saja penyakit tersebut?

Berikut lima penyakit yang menyebabkan orang bertingkah seperti zombie dilansir dari Gizmodo, Jumat (4/2/2022).


1. Penyakit Tidur

5 Penyakit yang Menyebabkan Orang Mirip Zombie seperti All of Us Are Dead


Penyakit tidur atau sleeping sickness menular di Afrika dan disebabkan oleh parasit trypanosoma brucei dan ditularkan oleh lalat tsetse. Profesor Sanjeev Krishna dari Universitas London dan seorang dokter di sebuah rumah sakit di Lucala, Angola, menjelaskan penyakit ini kepada BBC.

"Awalnya akan menyebabkan sakit kepala, nyeri otot dan mungkin gatal-gatal. Tetapi pada tahap akhir, ketika parasit telah menyerang otak, tanda-tandanya menjadi lebih jelas dan tidak menyenangkan. Korban sulit berkonsentrasi. Mereka menjadi mudah tersinggung, bicaranya terganggu. Tidak jelas dan mereka berhenti makan," kata Krishna.

Ritme harian mereka menjadi terganggu sedemikian rupa sehingga tidak bisa tidur di malam hari dan hampir tidak mungkin untuk tetap terjaga di siang hari. Bahkan menjadi sangat sulit bagi mereka untuk melakukan tugas-tugas sederhana, seperti menggambar garis lurus.

"Ini adalah infeksi yang membawa kualitas mengerikan, membuat banyak korbannya menjadi seperti zombie sebelum mereka koma dan mati. Mereka yang bertahan hidup dapat mengalami kerusakan otak yang tidak dapat diperbaiki," jelas Krishna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)