Tinju

Luwu helat kejuaraan tinju amatir

Senin,  1 Oktober 2012  −  22:11 WIB
Luwu helat kejuaraan tinju amatir

Sindonews.com - Kabupaten Luwu Timur (Lutim) akan menjadi tuan rumah Nikel Boxing Championship (NBC) 2012, untuk region Sulawesi Selatan (Sulsel). Sesuai kalender Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pengprov Pertina) Sulawesi Selatan (Sulsel), kejuaraan tersebut akan digelar November mendatang di Soroako, Kabupaten Lutim.

Ketua Pengprov Pertina Sulsel, Ryan Latif mengatakan, ada sembilan kelas yang akan dihelat. ''Mulai dari kelas ringan, menengah hingga berat,” katanya. 

Menurutnya, agenda tersebut untuk menghidupkan kembali kompetisi tinju amatir di Sulsel yang beberapa tahun terakhir ini mati suri. ''Sulsel punya banyak potensi untuk olahraga tinju, hanya belum dioptimalkan,” jelasnya.

Riyan menyebutkan, dari total 24 kabupaten/kota di Sulsel, 14 di antaranya, sudah siap berpartisipasi. ''Potensi ini yang coba kita maksimalkan untuk mencari bakat-bakat muda,” ucapnya.

Dia mengatakan, ajang ini akan menjadi titik tolak dimulainya kejuaraan serupa di kabupaten/kota yang lain. ''Untuk NBC, Pertina Sulsel didukung PT Vale Indonesia yang merupakan tambang pengolah biji nikel di Soroako,” kata Ryan.

Menurutnya, Pertina Sulsel sedang melobi beberapa perusahaan BUMN untuk menjadi sponsor NBC. “Ini adalah agenda pertama Pertina Sulsel di bawah kepengurusan saya,” jelasnya.

Riyan mejelaskan, NBC ini juga adalah bagian dari persiapan Sulsel menjadi tuan rumah Sarung Tinju Emas (STE) yang rencananya digelar akhir tahun ini. ''Kita mulai mencari bibit-bibit muda sebelum ikut di STE,” ucap dia.

Ketua Bidang Teknik dan Kepelatihan Pengurus Besar (PB) Pertina John Amanupunyo mengakui kejuaraan regional seperti NBC sangat baik untuk mencari bibit-bibit muda berkualitas. “Kami berharap akan muncul wajah-wajah baru,” katanya.

NBC akan menjadi ajang pemanasan untuk petinju Sulsel sebelum turun di STE yang dijadwalkan berlangsung akhir Desember nanti. ''Petinju Sulsel yang bergabung di Pelatnas diberi kesempatan untuk tampil,”jelasnya.

Selain itu, dua petinju asal Sulsel lainnya yakni Irma dan Haris, juga diberi kesempatan untuk uji kemampuan di NBC dan STE. ''Kalau mereka maksimal didua kejuaraan itu, berpeluang dikirim ke Pelatnas,” ucapnya.

John menjelaskan, dengan ditunjuknya Sulsel sebagai tuan rumah STE, maka tidak ada alasan untuk tidak siap. ''Pertina Sulsel harus bekerja cepat dan mempersiapkan diri untuk dua kejuaraan ini,” jelasnya.

Soal masih minimnya hakim dan wasit Sulsel yang memiliki sertifikat nasional maupun internasional, John tidak mempermasalahkannya. “PB Pertina akan membantu apa saja yang tidak ada di Sulsel,” katanya.

Contohnya, PB Pertina siap mengirim wasit dan hakim nasional untuk menyukseskan dua agenda tersebut. “Tidak perlu dipersoalkan soal minimnya hakim dan wasit. Pertina akan membantu,” pungkasnya


(aww)

views: 1.044x
shadow