Olympic

KONI Jabar ingatkan pembangunan venues PON 2016

Rabu,  17 Oktober 2012  −  19:04 WIB
KONI Jabar ingatkan pembangunan venues PON 2016

Sindonews.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar mengingatkan pemerintah untuk segera membangun venues. Pembangunan venues itu sebagai persiapan menggelar Pekan Olahraga Nasional XIX 2016 di Jawa Barat.
 
Ketua Umum KONI Jabar, Azis Syarif menegaskan, KONI Jabar tetap memikirkan permasalahan persiapan venues. Karena hal tersebut sangat erat kaitannya dengan keberhasilan pembinaan atlet untuk bisa berprestasi.

“'Untuk persiapan PON XIX 2016, Jabar belum punya venues yang memadai, paling Cipule, Jalak Harupat, dan beberapa venues yang berada di luar daerah Bandung. Sementara untuk venues yang lain kita belum punaya. Pemerintah jangan sampai meremehkan pembangunan venues yang digembar-gemborkan 2015 beres. Lokasinya pun belum jelas. Sementara yang paling susah itu kan dimana lokasinya dan bagaimana pembebasan lahan tersebut,” ungkapnya.
 
Azis menilai, pengadaan tanah untuk venues belum ada. Sedangkan pengajuan anggaran APBD belum ada dan baru dianggarkan pada 2013. Jika anggaran turun 2014, menurutnya tidak akan cukup waktu.
 
Untuk pembebasan tanah itu sendiri dianggap sulit. Pasalnya, dari sekian luas tanah yang akan dibangun di lokasi yang tentunya representatif, bukan hanya dimiliki satu orang. Setiap orang memiliki keinginan yang berbeda. ''Konsep dulu yang matang, cari lokasi tanahnya di mana yang nantinya akan dibangun venues. Venues mana saja yang sudah ada apakah masih layak atau harus diperbaiki,” tegas Azis.

Azis menilai, harusnya mulai dari sekarang inventarisasi apa yang diperlukan, apa saja yang sudah Jabar miliki, di mana saja tempat yang bisa di bangun. ''KONI Jabar saja yang harus fokus sama pembinaan bisa banyak membangun venue, sementara Disorda yang memang sudah menjadi tugasnya belum satupun membangun venue untuk prestasi olahraga di Jabar.
 


(aww)

views: 636x
shadow