Olympic

Ketua KONI Banyumas ramaikan bursa Ketum KONI Jateng

Kamis,  13 Desember 2012  −  19:43 WIB
Ketua KONI Banyumas ramaikan bursa Ketum KONI Jateng

Sindonews.com - Ketua Umum KONI Banyumas Sukardi dipastikan maju dalam bursa pemilihan Ketua Umum (Ketum) KONI Jateng. Sukardi mendaftarkan diri ke sekretariat penjaringan Ketum di Kantor KONI Jateng, Kamis (13/12). 
 
Sukardi menjadi orang kedua yang telah mendaftar sebagai Ketum KONI, sejak dibukanya penjaringan Ketum pada 4 Desember lalu. Sebelumnya, Bambang Husodo Kepala Monitoring dan Evaluasi (Monev) KONI Jateng telah lebih dahulu mendaftar pada Senin (10/12) lalu.
 
Sukardi mengaku, keikutsertaannya dalam penjaringan calon Ketum KONI dikarenakan lebih pada keinginannya untuk mengankat olah raga Jawa Tengah di tingkat Nasional. Sukardi juga mengaku, sudah mendapatkan dukungan dari sejumlah Pengcab KONI di sejumlah Kota dan Kabupaten.
 
''Saya mendaftar karena “krenteke Ati ”(keinginan dari hati), untuk mengankat citra olah raga di Jawa Tengah. Selain itu juga karena ada dukungan dari teman-tema KONI di daerah,” jelasnya.
 
Menurutnya, selama beberapa tahun terakhir kondisi olahraga di Jawa Tengah cukup memprihatinkan. Padahal di Jawa Tengah sebenarnya memiliki potensi yang cukup tinggi, hanya saja belum digarap secara maksimal.
 
Meski pada PON Riau 2012 lalu Jateng mampu berada di peringkat empat dengan menggondol 47 medali emas, 52 medali perak dan 67 medali perunggu. Meski dari posisi Jateng sesuai dengan target namun berdasarkan perolehan medali mengalami penurunan cukup drastis ketimbang PON 2008 Kaltim. Pada PON Kaltim Jateng mampu, membawa 52 medali emas, 81medali perak, dan 79 perunggu dan Jateng berada di posisi lima klasmen.
 
Dosen Unsoed yang sudah melang melintang selama 30 tahun di dunia olahraga ini menyatakan, dengan potensi yang ada di Jawa Tengah seharusnya olahraga Jateng mampu bersaing dan sejajar dengan Jatim, Jabar, dan DKI. 
 
Dia mengaku, memiliki program untuk meningkatkan menggali potensi olahraga di Jawa Tengah, yakni dengan meletakan pondasi pembinaan dengan baik. Dia melihat selama ini pembinaan olah raga kurang merata. ''Untuk membentuk atlet yang bagus pembinaan harus mulai dari bawah. Pembinaan olahraga jangan hanya digarap di tingkat hilir tetapi di tingkat hulu dan harus terus didorong,“ katanya.
 
Penjaringan bakal calon Ketum KONI Jateng, yang sudah dibuka sejak 4 Desember lalu masih sepi peminat.Terbukti baru dua calon yang mengajukan diri untuk maju. Padahal penjaringan calon Ketum KONI yang akan bertarung pada Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Jateng akan digelar 19-20 Desember mendatang akan ditutup pada Jumat (14/12). 
 
Sejumlah nama seperti, Wakil Ketua Umum II KONI Jateng Sukahar, Wakil Ketua Umum III KONI Jateng, Tutuk Kurniawan, bahkan Ketua Pengrov PSSI Jateng Sukawi Sutarip sempat dikabarkan berminat untuk maju sebagai Ketum KONI, namun hingga kini mereka belum ada kabarnya.


(aww)

views: 700x
shadow