Olympic

Jabar percepat geber Pelatda PON Remaja

Jum'at,  4 Januari 2013  −  16:45 WIB
Jabar percepat geber Pelatda PON Remaja

Sindonews.com - Semua cabang olahraga (cabor) yang kemungkinan akan dipertandingkan dalam PON Remaja, pada Januari ini harus segera mengirimkan daftar atlet hasil seleksinya. Hal ini dikarenakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar akan segera melakukan Pelatda mulai Februari mendatang.
 
Ketua KONI Jabar, Azis Syarif kepada menuturkan, semua cabor yang diperkirakan akan dipertandingkan dalam PON Remaja, sudah sejak Desember sudah diintruksikan KONI Jabar untuk melakukan seleksi dan melaporkan data hasil seleksinya tersebut. Dengan begitu, KONI Jabar bisa secepatnya melakukan Pelatda untuk memaksimalkan performa atletnya.
 
"PON Remaja kemungkinan dilakukan akhir tahun 2013 atau paling telat awal 2014 di Surabaya. Tapi kita harus disiapkan dari sekarang untuk Pelatdanya," ujarnya. 
 
Untuk cabor yang diintruksikan untuk melakukan seleksi atletnya, Azis mengatakan ada sekitar 26 cabor yang mengacu pada cobor olimpik. Beberapa cabor tersebut sekarang sudah melakukan seleksi seperti silat, anggar, catur, panahan, angkat berat, angkat besi dan beberapa cabor lain.

 "Sejumlah cabor sudah selesai seleksi. Semua cabor yang kita instruksikan melakukan seleksi, harus sudah menyerahkan daftar atletnya karena kita akan melaksanakan Pelatda pada bulan Februari," katanya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Umum KONI Jabar, Lili Rolina menuturkan, pada PON Remaja Jabar kemungkinan besar akan turun di semua nomor pertandingan. Selain pelatih lokal, para atlet yang masuk Pelatda untuk PON Remaja juga akan ditangani oleh para pelatih asal Korsel.

"Pelatih Korsel juga akan menangani atlet PON Remaja. Karena ini salah satu pembinaan juga menuju hasil yang baik," ujarnya.
 
Agar para cabor melakukan seleksi atletnya, pada pertengahan bulan November lalu, KONI Jabar sudah mengirimkan surat kepada 26 Pengda cabor. ''Untuk sementara kita siapkan cabor yang masuk cabor olympic dulu. Tapi bisa saja nanti bertambah karena kita juga belum tahun berapa cabor yang akan dipertandingan," katanya

 Adapun cabor yang masuk dalam olimpik yaitu atletik, aquatic (selam dan renang), panahan, bulu tangkis, bola basket, tinju, kano, balap sepeda, berkuda, anggar, sepak bola, senam (artistik dan ritmik), bola tangan, hoki, judo, dayung, layar, menembak, tenis meja, taekwondo, tenis lapangan, triathlon, voli pantai, angkat berat, gulat (bebas dan Greco-Roman), dan golf.
 
Lili mengaku, pihaknya berkomitmen untuk menjadi yang terbaik dan menata serius, untuk gelaran PON Remaja di Surabaya. Apalagi PON Remaja ini baru kali pertama digelar di Tanah Air.


(aww)

views: 1.564x
shadow