Olympic

Karate Indonesia ingin kusai SEAKF

Rabu,  17 April 2013  −  09:57 WIB
Karate Indonesia ingin kusai SEAKF
Ilustrasi / Ist

Sindonews.com -Tim karate pelatnas SEA Games 2013 Myanmar bertolak ke Filipina, dini hari tadi. Mereka mengemban misi merebut gelar juara umum pada Kejuaraan Karate Asia Tenggara (SEAKF) Kedua di Calrk, Pampaga, Filipina, mulai 19–21 April mendatang.

Tim Indonesia berkekuatan 30 karateka yang terdiri atas 23 karateka senior, 5 karateka junior, dan 2 orang kadet. Mereka siap bersaing dengan tim karateka kuat negara Asia Tenggara lainnya macam Malaysia, Thailand, dan Vietnam. ”Kami optimistis bisa mempertahankan gelar juara umum seperti yang direbut tahun lalu di Thailand. Apalagi, tim ini merupakan tim terbaik yang dihasilkan dari seleksi ketat di Forki,” ujar Ketua Umum PB Forki Hendardji Soepandji, sebelum bertolak ke Filipina.

Pada Kejuaraan SEAKF pertama di Bangkok, Indonesia tampil sebagai juara umum dengan meraih 9 medali emas, 8 perak, dan 12 perunggu. Dan, kini, Forki kembali berharap bisa menjadi terbaik di ajang karate Asia Tenggara tersebut. Apalagi, kejuaraan ini bisa menjadi parameter kekuatan karate pada SEA Games 2013 Myanmar. Sebab, para peserta yang tampil di ajang ini dipastikan karateka yang dipersiapkan masing-masing negara untuk SEAG 2013.

Di skuad Indonesia, karateka nasional Umar Syarief akan memperkuat Indonesia di ajang tersebut. Bahkan, dia datang langsung dari Swiss, kediaman sekaligus tempat latihannya di Eropa. Jadi, karateka asal Jawa Timur tersebut tentunya akan menjadi salah satu harapan Indonesia untuk bisa meraih pundipundi emas di ajang karate Asia Tenggara tersebut. ”Umar masuk tim ini. Tapi, dia tidak berangkat bersama kami dari Jakarta, melainkan langsung dari Swiss,” ucap pelatih kumite putra Philip King.

Yang pasti, Filipina menjadi tryout pertama tim pelatnas SEA Games tahun ini. Setelah itu, masih ada beberapa rencana try-out yang akan dijalani karateka pelatnas demi mematangkan persiapan menghadapi SEA Games 2013 Myanmar.


(wbs)

views: 793x
Bagikan artikel ini :
shadow