Olympic

AEA ajukan banding terhadap putusan hakim

Rabu,  1 Mei 2013  −  22:52 WIB
AEA ajukan banding terhadap putusan hakim
Ana Munoz siap melakukan banding atas putusan hakim Julia Patricia Santamaria terkait kasus doping yang melibatkan Fuentes / Istimewa

Sindonews.com - Anti Doping Spanyol (AEA) akan mengajukan banding atas putusan hakim persidangan dokter Eufemiano Fuentes, Julia Patricia Santamaria yang sedang terbelit kasus doping. Bahkan mereka mengancam bahwa akhir dari kasus ini sebenarnya belum berakhir. Hal tersebut disampaikan Ketua AEA, Ana Munoz.

Selain banding yang dilakukan AEA, Munoz juga berencana menerapkan sanksi administrasi bagi atlet yang telah terlibat dalam permasalahan ini. Terutama pembalap sepeda. Dia mendesak otoritas medis Spanyol memperluas larangan Fuentas, meskipun undang-undang kesehatan masyarakat masih bisa melihat pasien di luar dunia olahraga.

Badan Anti Doping Dunia (WADA) juga berniat untuk mengajukan banding. Padahal Spanyol berharap dengan persidangan ini, maka bisa membantu menghilangkan kesan bahwa negara ini benar-benar terlibat dalam penyalahgunaan doping. Pasalnya, Spanyol sedang mempersiapkan rencana untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 mendatang.

Pengajuan banding sendiri akan diberi waktu hingga 17 Mei mendatang. "WADA saat ini sedang mengkaji keputusan. Setiap tindakan lain mungkin akan erjadi termasuk mengenai masalah banding setelah kami (AEA dan WADA) melakukan pertemuan dengan penasehat hukum Spanyol," kata Munoz seperti dilansir Super Sport, Rabu (1/5/2013).

"Badan Anti-Doping Spanyol sangat penting untuk mengetahui seluruh kebenaran. Dengan kalimat ini, kita hanya tahu sebagian dari kebenaran. Kita tahu kebenaran bahwa Dr Fuentes bukanlah dokter yang baik, karena ia melakukan beberapa praktek-praktek yang sangat buruk bagi kesehatan atlet. Tapi, di sisi lain, perlu untuk mengetahui nama-nama para atlet itu," tutup Munoz.

Sejauh ini, lebih dari 50 pengendara sepeda telah terlibat dalam konspirasi penggunaan doping yang diduga didalangi oleh Fuentes. Termasuk keterlibatan juara tujuh kali Tour de France, Lance Armstrong.


(irc)

views: 873x
shadow