Olympic

Dayung Indonesia sabet gelar juara

Selasa,  11 Juni 2013  −  00:54 WIB
Dayung Indonesia sabet gelar juara
Ilustrasi / Ist

Sindonews.com - Menpora Roy Suryo menutup Dragon Boat Festival di Banjir Kanal, Padang, Sumatera Barat. Menpora juga menyerahkan  piala kepada tim Indonesia yang berhasil menjadi juara di ajang tersebut.

Pada sambutannya Menpora Roy Suryo memberikan apresiasi dan bangga melihat kejuaraan olahraga yang diselenggarakan di Padang, salah satunya adalah even internasional Dragon Boat Festival. Even ini menurut Roy Suryo memiliki dampak yang cukup besar bagi para atlet-atlet dayung yang tergabung dalam Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI). Selain baik untuk meningkatkan prestasi olahraga di Indonesia, ajang ini juga baik untuk mengembangkan Sumatera Barat sebagai daerah wisata.

"Selamat buat tim dayung Indonesia yang sudah berhasil menjadi juara, saya senang kejuaraan ini bisa dijadikan ajang bagi para atlet dayung untuk terus mengmbangkan prestasinya, saya lihat tadi ada tim dari Riau, Jambi bahkan Sumatera Barat sendiri selaku tuan rumah berhasil menunjukkan prestasi terbaiknya. Selain itu ajang ini juga bagus untuk pariwisata," kata Menpora.

Oelh karena itu Menpora berharap ke depan even ini bisa dikembangkan dengan lebih baik lagi.

"Saya lihat masyarakat yang hadir menyaksikan acara ini cukup luar biasa antusiasnya. Ke depan acara ini harus bisa dikemas lebih baik lagi misalnya dengan menapilkan televisi dengan layar lebar agar bisa dilihat masyarakat secara jelas. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada para pemenang, dan sukses atas terselnggaranya acara ini," tambah Menpora.

Festival khas Indonesia ini diikuti oleh lima negara yang terbentuk dalam 27 tim. Satu tim terdiri dari 12 orang yang terbagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas antar kesatuan, putra dan putri serta kelas campuran.

Ajang perlombaan perahu naga yang memperebutkan hadiah sebesar 250 juta tersebut merupakan promosi pariwisata di kota Padang. Eksotisme alam dan budaya Sumatera, khususnya Kota Padang perlu disebarluaskan untuk menggaet wisatawan asing. Semakin banyak wisatawan, maka devisa Negara akan semakin bertambah.

Sebagai even bergengsi, Dragon Boat Festival yang diselenggarakan di Indonesia pernah mendapatkan penghargaan dari Dragon Boat Internasional. Festiwal ini sekaligus mengenalkan olahraga dayung ke masyarakat dunia.

Pertandingan diawali dari kategori 12 putra yang diikuti oleh Australia, Kalimantan Barat, Riau, dan DKI Jakarta. Peserta harus melewati jarak lintasan sejauh satu kilometer. Panitia menyediakan empat lintasan untuk kategori putra ini.


(wbs)

views: 3.684x
shadow