Lonjakan Pemudik Luar Jawa Mulai Padati Terminal Kalideres

Minggu, 24 April 2022 - 13:33 WIB
loading...
Lonjakan Pemudik Luar Jawa Mulai Padati Terminal Kalideres
Pemudik tujuan Pulau Sumatera mulai melonjak di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (24/4/2022). Foto/MPI/Dimas Choirul
A A A
JAKARTA - Ratusan pemudik mulai memadati Terminal Kalideres, Jakarta Barat pada Minggu (24/4/2022). Para pemudik tersebut didominasi tujuan pulau Sumatera.

Pantauan SINDOnews sekira pukul 12.20 WIB, di sepanjang antrean loket di sebelah barat terminal, terlihat ratusan pemudik tengah menunggu jadwal keberangkatan busnya. Raut wajah mereka juga tampak semringah lantaran tak sabar ingin pulang ke kampung halamannya.

Salah seorang pemudik bernama Bimo (20) mengatakan, dirinya memilih untuk pergi mudik hari ini lantaran telah mendapat keringanan pemajuan cuti dari perusahaan tempat ia bekerja. Rencananya, Bimo akan mudik ke Lubuklinggau, Sumatera Selatan.”Kalau mudik sekarang juga engga terlalu ramai orangnya,” kata Warga Lubuklinggau di Terminal Kalideres, Minggu(24/4/2022).

Pria yang juga berstatus sebagai mahasiswa di Jakarta Barat itu mengaku, jika mudik mendekati hari H lebaran biasanya tidak akan kebagian tiket. Kalaupun masih ada, harganya lebih mahal dari harga normal. ”Harganya bisa dua kali lipat, pengalaman kaya tahun-tahun lalu,” ujarnya.



Bimo mengaku senang bahwa di tahun ini Pemerintah telah memperbolehkan masyarakat untuk mudik. Lantas ia pun bergegas untuk mempercepat vaksin booster sebagai syarat pergi mudik. ”Dua tahun gak pulang, tahun ini bisa pulang mudik,” ungkapnya.

Kepala Terminal Kalideres Jakarta Barat Revi Zulkarnaen mengatakan lonjakan penumpang sudah terlihat sejak Sabtu (23/4/2022) kemarin. Ia menyebut terdapat 500 orang lebih penumpang yang pergi meninggalkan Jakarta melalui Terminal Kalideres.”Kalau kemarin bisa tembus 500an penumpang, kalau hari ini data per pukul 12.00 WIB sudah 219 orang,” katanya.

Dikatakan Revi, kondisi ini diperkirakan akan meningkat hingga menjelang hari H lebaran. ”Iya karena yang sudah membeli tiket itu kalau saya lihat kebanyakan pergi ke rute Sumatera (Lampung, Palembang, Padang) itu bakal banyak yang pulang jelang lebaran,” tukasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7084 seconds (0.1#10.140)