Cuma ekshibisi, tarung derajat bertarung sepenuh hati

Selasa, 25 Juni 2013 - 17:02 WIB
Cuma ekshibisi, tarung derajat bertarung sepenuh hati
Cuma ekshibisi, tarung derajat bertarung sepenuh hati
A A A
Sindonews.com - Status sebagai cabang olahraga ekshibisi tidak membuat tarung derajat setengah hati dalam mengelar pertandingan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV di Gedung PGRI, Magetan, Selasa (25/6).

Tercatat 13 Pengcab Se Jawa Timur hadir dalam upacara pembukaan. Diantaranya, Surabaya, Tulungagung, Sidoarjo Terenggalek, Lamongan, Jember, Kota Malang, Batu, Kediri, Mojokerto, Kabupaten Kediri, dan tuan rumah Magaten. "Semua Pengcab hadir ini juga sekaligus untuk mengetahui kekuatan di daerah masing-masing, " ujar Ketua Umum Kodrat Jatim, Bambang Haryo.

Ke depan, lanjut Bambang, diharapkan cabang olahraga tarung derajat sudah akan resmi dipertandingakan pada Porprov V 2015 yang rencananya akan digelar di Banyuwangi. "Porprov berikutnya kita sudah siap untuk masuk menjadi cabor yang dipertandingkan. Ini menjadi awal untuk mempersiapkan diri," ujarnya.

Masuknya tarung derajat di Porprov, berdampak pada motivasi daerah untuk melakukan pembinaan, "Secara langsung tentu daerah akan menjadi lebih bersemangat lagi, karena setiap dua tahun sekali akan bertanding di Porprov. Selain itu juga mendorong pembentukan Pengcab baru yang sekarang sedang kita lakukan, " ucap pengusaha transportasi laut ini.

Ketua Pelaksana Pertandingan, Muchsin menambahkan tidak semua Pengcab bisa ikut bertanding karena tidak memenuhi persyaratan. "Karena tingkatan sabuknya tidak memenuhi syarat, mereka belum diperbolehkan bertanding. Total yang bertanding delapan Pengcab tampil di lima kelas, " ucapnya.

Sedangkan kelas yan dipertandingkan, 55-58kg, 58,1-61kg, 61,1-64kg, 64,1-70kg (untuk kelompok putra) dan49-52kg (putri).Hasil dari pertandingan eksebisi Porprov ini juga akan menjadi bahan evaluasi dalam menentukan tim yang akan berangkat dalam Kejurnas Piala Presiden di Jakarta, September, mendatang. "Semua atlet terbaik tampil karena ajang ini sekaligus sebagai salah satu persiapan di Kejurnas, " ucapnya.

Ketua KONI Magetan Harjito mengaku bangga melihat pelaksanaan pertandingan tarung derajat, "Ini kebanggan buat Magaten yang bisa menggelar pertandingan baik meski daerah kecil. Tarung derajat juga cocok untuk kita kembangkan di Magetan, " ujarnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7164 seconds (0.1#10.140)