Marcos Junior Tolak Tantangan Debat Jelang Pilpres Filipina

Minggu, 01 Mei 2022 - 16:30 WIB
loading...
Marcos Junior Tolak Tantangan Debat Jelang Pilpres Filipina
Marcos Junior Tolak Tantangan Debat Jelang Pilpres Filipina. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Salah satu kandidat dalam pemilihan presiden Filipina , Ferdinand Marcos Junior menolak tantangan untuk berdebat satu lawan satu dengan saingannya, Leni Robredo, Jumat (29/4/2022). Penolakan itu terjadi saat Filipina menuju minggu terakhir kampanye untuk pemilihan 9 Mei.

Marcos Jr, putra mantan diktator negara itu, telah menolak undangan untuk berpartisipasi dalam debat dengan saingan. Ia juga jarang memberikan wawancara pada media dan sering mengabaikan pertanyaan wartawan di rapat umum.



Dia telah berusaha untuk menghindari terulangnya pemilihan wakil presiden 2016, ketika dia diburu pertanyaan terkait dengan aturan kekerasan dan korup ayahnya. Marcos yang lebih muda, kalah tipis dalam kontes itu dari Robredo dan menghabiskan lima tahun mencoba untuk membalikkan hasilnya.

Dalam kampanye kali ini, Marcos Jr adalah satu-satunya kandidat dari 10 kandidat yang berharap untuk menggantikan Presiden Rodrigo Duterte untuk melewatkan dua debat televisi yang diadakan oleh Komisi Pemilihan pemerintah. Dia juga menolak menghadiri debat yang diselenggarakan oleh CNN Filipina.

"Oleh karena itu saya mengundang Tuan Bongbong Marcos untuk berdebat, untuk memberikan kesempatan kepada orang-orang Filipina untuk menghadapinya dan mengajukan pertanyaan kepadanya, terutama mengenai banyak kontroversi di sekitarnya," kata Robredo.



"Kami berutang kepada rakyat dan negara kami. Jika dia setuju, kapan saja, di mana saja, saya akan ada di sana," lanjut Robredo.

Juru bicara Marcos Jr, Vic Rodriguez mengatakan, debat tidak akan pernah terjadi karena sejumlah alasan. "Kami berbicara kepada publik secara langsung dalam mengkomunikasikan pesan persatuan kami," kata Rodriguez. Ia menuduh kubu oposisi bersikap "negatif, penipuan dan kritik".

Marcos Jr sebelumnya mengatakan kepada seorang jurnalis bahwa dia tidak akan lagi "kembali ke masalah berusia 35 tahun", merujuk pada tuduhan bahwa ayahnya memimpin pencurian kas negara dan pelanggaran hak asasi manusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)