Juara umum Porprov, anggaran bonus Surabaya jebol

Kamis, 11 Juli 2013 - 17:21 WIB
Juara umum Porprov, anggaran bonus Surabaya jebol
Juara umum Porprov, anggaran bonus Surabaya jebol
A A A
Sindonews.com - Keberhasilan kontingen Surabaya mempertahankan gelar juara umum di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur IV/2013 di Madiun akhir Juni lalu, harus dibayar mahal. Sebab, nilai bonus medali melampaui limit anggaran yang sudah diplot Pemkot Surabaya.

Sesuai hitungan perolehan medali kontingen Surabaya, total bonus yang harus dikeluarkan mencapai sekitar Rp6,48 miliar. Dari data KONI Surabaya, tercatat jumlah atlet peraih medali Porprov Jatim sebanyak 494 orang. Rinciannya, peraih medali emas sebanyak 217 atlet, perak 157 atlet dan perunggu 120 atlet.

Sesuai janji Pemerintah Kota Surabaya melalui Dispora sebelum keberangkatan kontingen, setiap atlet Surabaya peraih medali emas mendapatkan bonus Rp 20 juta. Artinya, bonus untuk medali emas mencapai Rp 4,34 miliar.

Sedangkan peraih medali perak dijanjikan menerima bonus Rp 10 juta, maka dana bonusnya berjumlah Rp 1,57 miliar. Sementara setiap peraih medali perunggu dihadiahi Rp 5 juta maka total bonus senilai Rp 600 juta. Jumlah bonus itu belum termasuk atlet non medali yang dijanjikan Rp 1 juta per orang dan juga pelatih yang nilainya belum ditetapkan.

Pada Porprov Jatim 2013, kontingen Kota Surabaya kembali merebut gelar juara umum untuk keempat kalinya secara beruntun dengan mengumpulkan sebanyak 105 medali emas, 98 perak dan 75 perunggu. Medali tersebut didapat dari berbagai cabang olahraga, baik nomor perorangan maupun beregu. Estimasi anggaran bonus bisa turun karena biasanya peraih emas nomor beregu hitungan tidak per atlet mendapatkan Rp 20 juta.

Yang pasti, perolehan medali emas tersebut jauh melebihi target awal yang ditetapkan KONI dan Dispora Surabaya sebanyak 85 keping atau satu keping lebih banyak dibanding pencapaian pada Porprov Jatim 2011 di Kota Kediri. Kerena over target, hintungan nilai bonus yang dianggarkan sekitar Rp 4,5 miliar dipastikan membengkak.

Sayangnya Kepala Dispora Kota Surabaya Sigit Sugiharsono belum mengungkapan nilai total bonus Porprov. Alasannya, masih menunggu Surat Keputusan Panitia Besar Porprov Jatim terkait rincian atlet peraih medali. "SK PB Porprov Jatim menjadi acuan untuk menghitung bonus atlet. Jadi, sampai sekarang kami belum bisa menghitung total bonus untuk peraih medali," ucapnya.

Akibatnya, proses pencairan bonus belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Namun Dispora memastikan jika semua atlet akan menerima bonus sesuai janji awal. "Anggarannya sudah disiapkan, tinggal menunggu SK resmi dari PB Porprov dan KONI Jatim, " ujar Sigit.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7181 seconds (0.1#10.140)