Olympic

Juara umum SEA Games Myanmar? Mimpi!

Kamis,  18 Juli 2013  −  19:06 WIB
Juara umum SEA Games Myanmar? Mimpi!
Ketua Satlak Prima, Surya Dharma / Satlak Prima

Sindonews.com - Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Surya Dharma meminta publik Indonesia jangan bermimpi untuk menjadi juara umum di SEA Games Myanmar, Desember mendatang. Ini menyusul dengan kekurangan dana persiapan Pelatnas SEA Games yang tengah mereka hadapi.

Saat ini Satlak Prima kekurangan dana sekitar RP 60 miliar. Kenyataan pahit itu memaksa Satlak Prima harus mengeluarkan kebijakan yang menyakitkan. Selain berencana untuk mengurangi jumlah nomor yang diikuti pada beberapa cabang olahraga, Satlak Prima juga akan mengurangi beberapa program, termasuk try out ke luar negeri.

"Lupakan juara umum. Karena untuk menjadi juara umum SEA Games itu perlu ada strageti jitu dengan perangkat pendukung yang baik pula. Termasuk soal dana, persiapan, dan sampai pada pelaksanaannya," ucap Surya seperti dikutip situs resmi Satlak Prima.

Ia membandingkan dengan persiapan SEA Games XXVI 2011 yang menelan biaya Rp400 juta. Sementara dana yang ada untuk Satlak Prima tahun ini hanya Rp250 juta untuk 6 kegiatan multi event.

Untuk persiapan SEA Games hanya sekitar Rp135 miliar – Rp150 miliar. Bagaimana bisa mempertahankan gelar juara umum dengan persiapan yang demikian terbatas.

"Sejauh ini memang sudah ada wacana yang muncul untuk melakukan efisiensi. Namun cara terbaik mungkin tidak dengan mengurangi cabor, tetapi mengurangi nomor pertandingan. Dengan berkurangnya nomor pertandingan tentu akan berkurang pula jumlah atlet dan pelatih. Langkah-langkah seperti ini mungkin lebih baik ketimbang kita harus mengurangi cabor, karena mereka sudah melakukan persiapan cukup lama," katanya.


(wir)

views: 2.478x
shadow