Hiu Putih Besar Seberat 453 Kg Muncul di Lepas Pantai New Jersey

Senin, 09 Mei 2022 - 07:59 WIB
loading...
Hiu Putih Besar Seberat 453 Kg Muncul di Lepas Pantai New Jersey
Para peneliti menjuluki hiu itu Ironbound ketika pertama kali ditangkap pada 2019, di dekat West Ironbound Island dekat Lunenburg, Nova Scotia. Hiu sepanjang 3,7 meter bermigrasi ketika muncul di satelit. Foto/Live Science
A A A
TRENTON - Hiu putih besar seberat 453 kilogram muncul di lepas pantai New Jersey, Amerika Serikat (AS) pada 28 April 2022. Ikan pemangsa, yang dijuluki 'Ironbound', sedang dalam perjalanan bermigrasi ke utara menuju Kanada.

Para peneliti menjuluki hiu itu "Ironbound" ketika pertama kali ditangkap pada 2019, di dekat West Ironbound Island dekat Lunenburg, Nova Scotia. Hiu sepanjang 3,7 meter bermigrasi ketika muncul di satelit.

“Musim kawin sudah berakhir, kami pikir, dan Ironbound sedang dalam perjalanan ke utara untuk mendapatkan tempat makan yang baik dan bertambah besar lagi untuk tahun depan,” kata Bob Hueter, kepala ilmuwan di Ocearch nirlaba, kepada CNN dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Senin (9/5/2022).



Ocearch menandai dan melacak hiu putih besar (Carcharodon carcharias) untuk mempelajari migrasi mereka yang sulit dipahami. Perangkat yang tidak berbahaya, yang disebut tag SPOT, dipasang pada sirip punggung dan menyampaikan lokasi hiu ke satelit perangkat penentuan posisi global (GPS).

Tag dirancang untuk terlepas dan jatuh setelah beberapa tahun. Pelacak memiliki sedikit margin kesalahan, yang berarti bahwa lokasi tepat hiu mungkin melenceng beberapa kaki atau meter ketika mereka muncul dalam jangkauan satelit GPS.

“Bilah kesalahan itu bisa menjadi perbedaan antara satu sisi Long Island dan sisi lainnya,” kata George Burgess, ahli biologi kelautan dan direktur emeritus Program Florida untuk Penelitian Hiu di Museum Sejarah Alam Florida, kepada Live Science.


Hiu Putih Besar Seberat 453 Kg Muncul di Lepas Pantai New Jersey


Hueter mengatakan kepada CNN bahwa Ocearch telah menandai hiu putih besar sepanjang 5 meter dan seberat 1.814 kg, yang berarti Ironbound berukuran sedang. Ironbound telah menempuh perjalanan sekitar 20.921 kilometer sejak pertama kali ditandai.

Baru-baru ini, menurut data Ocearch hiu putih jantan dewasa terlihat pada 3 Mei 2022 berada lebih jauh di Samudra Atlantik, di sebelah timur Philadelphia. Hiu putih besar menjadi terkenal di masyarakat karena film-film seperti "Jaws" (1975) dan Sharknado (2013), bersama dengan sekuel franchise tersebut.

“Hiu putih sering digambarkan sebagai 'pembunuh yang tidak punya pikiran' dan 'suka daging manusia'." Namun, tampaknya tidak demikian; kami hanya terlihat seperti makanan mereka,” ujar Laura Ryan, seorang peneliti postdoctoral di Macquarie University di Australia.

Hiu putih bermigrasi untuk mencari makan dan berkembang biak, dan para peneliti telah mencatat mereka di lautan beriklim sedang dan tropis di seluruh dunia. Hiu putih sering muncul di lepas pantai negara-negara seperti AS, Australia, dan Afrika Selatan.

Menurut penilaian 2018 oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) hiu putih besar rentan terhadap kepunahan dan populasi terus menurun. Meskipun secara teknis hiu tidak terancam punah, namun cukup berisiko karena penangkapan ikan yang berlebihan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4419 seconds (0.1#10.140)