Motosport

Beberkan SSG

Rossi tak rela Honda kalahkan Yamaha

Sabtu,  17 Agustus 2013  −  03:23 WIB
Rossi tak rela Honda kalahkan Yamaha
Valentino Rossi / Crash

Sindonews.com - Jelang MotoGP Indianapolis Amerika 18 Agustus mendatang. Yamaha kini telah mencangkokkan  peranti seamless shift gerbox (SSG) pada Yamaha M1. Namun hingga kini hasil tersebut masih dirahasiakan. Tetapi  Valentino Rossi yang sempat menjajal SSG di Brno membeberkanya.

Rossi yang berbicara pada konferensi pers menyatakan dirinya sangat menyukai gear box baru itu. Dia berharap mesin tersebut dapat diresmikan penggunaannya secepat mungkin. “Kami mencoba gear box baru saat tes di Brno. Saya merasa sangat baik saat menggunakannya dan sangat menyukainya,” terang Rossi seperti dilansir situs resmi MotoGP

“Bagiku, hanya untuk satu putaran saja (SSG) tidak berpengaruh pada catatan waktu, Kami mencoba untuk membuat beberapa perbandingan. Saya pikir perkembangan terbesarnya terasa setelah 20 atau 30 putaran karena motornya menjadi semakin mudah dikendarai, lebih stabil dalam akselerasi maupun pengereman, ditambah lagi tekanan yang lebih sedikit terhadap bannya dan itu sangat bagus bagi pembalap karena motornya semakin mudah digeber habis-habisan dan mengurangi potensi terjadi kesalahan,” ujar ‘The Doctor’.

“Tapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan karena ada beberapa yang dianggap belum siap. Maksudnya, saya tidak mengetahui kapan mesin itu dapat digunakan, Saya harap mesin ini bisa digunakan segera mungkin, untuk dapat segera bersaing dengan para rival ” tambah peraih gelar dunia tujuh kali itu.

Kemampuan mesin baru yang digunakan oleh tim Yamaha ini masih menjadi bahan pertanyaan bagi publik. Hal itu wajar karena kinerja mesin tersebut belum terbukti dan perlu diperlihatkan kepada para penikmat MotoGP. Dinilai masih belum terbukti, Rossi meyakinkan saat di konferensi pers,bila mesin tersebut telah memberikan perubahan cukup baik pada motornya.

“Memang dalam satu lap kecepatan motor tidak banyak berubah dalam hal waktu putaran. Banyak orang berbicara dua persepuluh untuk satu putaran. Dan mesin ini membawa kurang dari dua persepuluh. Tapi dalam 20 sampai 30 lap, mesin ini membuat kecepatan motor saya jauh lebih muda untuk naik. Selain itu, motor jadi lebih stabil dalam hal akselerasi dan pengereman,” terang Rossi

Sementara itu, Yamaha sendiri tidak membeberkan informasi lengkap terkait SSG bahkan pihak Yamaha tak mengeluarkan pernyataan resmi mengenai SSG-nya, namun Rossi sendiri sempat memberikan sedikit komentarnya di sesi konferensi pers jelang GP Indianapolis, 15 Agustus 2013.

Yamaha sepertinya tak mau terburu-buru dalam menggunakan SSG hingga benar-benar memiliki kesiapan baik secara teknis dan keamanan. Namun Yamaha harus gerak cepat mengingat Honda yang sudah lebih dulu menggunakan sistem tersebut dan terbukti unggul dalam akselerasi dibanding Yamaha. Jika ingin mengejar ketertinggalannya dengan Honda, Yamaha harus bisa cepat memenuhi permintaan Rossi dan Lorenzo.


(wbs)

views: 7.727x
shadow