Raket

10 hal menarik AS Terbuka 2013

Senin,  26 Agustus 2013  −  12:24 WIB
10 hal menarik AS Terbuka 2013
ist

Sindonews.com – Grand Slam Amerika Serikat (AS) Terbuka mulai bergulir hari ini di Flushing Meadows. Turnamen yang digelar mulai hari ini sampai 9 September di USTA Billie Jean King National Tennis Center tahun ini menjadi edisi ke-133. Untuk event bergengsi tahun ini ada 10 hal menarik yang patut diketahui.

1.    Andy Murray sebagai juara bertahan
Untuk pertama kalinya petenis Inggris Andy Murray akan menjadi juara bertahan di turnamen Grand Slam. Gelar juara yang diraih tahun lalu menjadikannya pria Inggris Raya pertama yang memenangkan titel besar sejak Fred Perry tahun 1963.

2.    Rafael Nadal kembali
Petenis Swiss ini akan kembali tampil setelah tahun lalu absen lantaran cedera. Dalam dua musim terakhir, Nadal mengalami masa pasang surut. Dia absen selama tujuh bulan karena masalah lutut sehingga melewatkan dua turnamen Grand Slam, termasuk AS Terbuka tahun lalu.

3.    Roger Federer di peringkat ketujuh

Dari 17 gelar Grand Slam Roger Federer, lima diantaranya diraih di turnamen ini. Dia sempat menjadi petenis pertama terlama dalam sejarah selama beberapa pekan ketika berada di peringkat pertama dunia. Dia selalu menjadi unggulan pertama di 18 Grand Slam sepanjang tahun 2004-2008. Namun dalam 32 bulan terakhir ini terjadi perubahan besar. Di AS Terbuka tahun ini dia menjadi unggulan ketujuh. Jika Federer melenggang ke perempat final maka dia akan menghadapi musuh bebuyutannya, Rafael Nadal.

4.    Petenis di luar empat besar

Sampai saat ini banyak orang menilai Federer, Nadal, Djokovic dan Murray adalah petenis yang tergabung dalam empat besar (big four). Keempatnya total sudah memenangkan 33 dari 34 gelar Grand Slam terakhir. Nama-nama petenis lain di luar empat besar itu yang kemungkinan bisa tampil mengejutkan mengemuka. Ada nama Juan Martin del Potro yang sempat memaksa Nadal  memainkan lima set di final AS Terbuka 2009. Selain itu ada juga peringkat lima dunia Tomas Berdych, runner up Wimbledon 2010.

5.    Petenis Amerika
Kiprah petenis tuan rumah Amerika Serikat di turnamen ini tidak lupa patut menjadi sorotan. Salah satu andalan tuan rumah adalah Andy Roddick. Tahun ini menjadi ke-40 kalinya Roddick tampil di ajang ini sejak dia menjadi juara tahun 2003. Selain Roddick, ada nama John Isner, yang berada di unggulan ke-13 dan kemungkinan bertemu Nadal di babak keempat.

6.     Serena Williams
Serena Williams akan menjadi juara bertahan pada tahun ini. Dia memenangkan trofi keempatnya di Flushing Meadows tahun lalu usai mengalahkan Victoria Azarenka selama tiga set di babak final. Ketika sedang on, Serena akan menjadi petenis yang sulit terkalahkan. Mengingat dia masih berada di peringkat pertama dunia, maka dia menjadi unggulan di turnamen ini. Terakhir kali dia berstatus sama pada tahun 2002.

7.    Siapa yang absen
Turnamen tahun ini juga banyak tidak diikuti beberapa petenis top. Sebut saja nama Maria Sharapova yang mengalami cedera, juara Wimbledon Marion Bartoli yang pensiun. Tidak ketinggalan tidak adanya nama Mardy Fish yang pernah sampai perempat final di New York dua tahun lalu.

8.    Petenis putri Amerika termuda
Sloane Stephen yang menjadi unggulan ke-15 menjadi petenis wanita termuda di ajang ini (20 tahun). Dia pernah mengejutkan Serena Williams di semifinal Australia Terbuka dan lolos ke perempat final Wimbledons ebelum dikalahkan juara Bartoli.

9.    Senin ke Senin
Untuk pertama kalinya sejak menjadi Turnamen Terbuka, yang sudah dimulai pada tahun 1968, turnamen Grand Slam ini akan dimulai pada hari Senin berakhir pada hari Senin. Hal yang sama juga berlaku tahun ini.

10.    Uang
Keinginan dari sejumlah pemain top soal peningkatan jumlah hadiah terpenuhi. Untuk tahun ini, hadiah turnamen ditingkatkan sebanyak 35 persen menjadi lebih dari USD 34 juta itu termasuk untuk masing-masing juara putra dan putri yakni sebesar USD2,6 juta. Seorang pemain yang kalah di babak pertama di nomor tunggal akan mendapat bayaran sebesar USD 32 ribu. Jika Nadal atau Serena memenangkan gelar, trofi akan diberikan dengan nilai cek senilai USD 3,6 juta dan bonus USD 1 juta.




(irc)

views: 1.108x
shadow