Olympic

Kabupaten Bogor paling siap helat Porda 2018

Kamis,  19 September 2013  −  20:35 WIB
Kabupaten Bogor paling siap helat Porda 2018

Sindonews.com - Kabupaten Bogor resmi terpilih menjadi tuan rumah perhelatan akbar multi event Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII 2018. Kabupaten Bogor terpilih setelah meraih sebanyak 60 suara dengan menyisihkan Kabupaten Cianjur yang memperoleh 8 suara dalam Rapat Anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jabar di GOR Tri Lomba Juang Bandung.
 
"Jumlah suara 75, tidak sah enam, dan abstain satu suara. Total peraihan suara untuk Kabupaten Bogor menang telak 60 suara dari Kabupaten Cianjur yang meraih delapan suara,"kata ketua pelaksana, Djumara Prassad.

Ketua Umum KONI Jabar, Azis Syarif menuturkan, Rapat Anggota ini merupakan amanah dari Rapat Anggora Tahunan (RAT) KONI Jabar 2013 dimana KONI harus menggelar agenda untuk penentuan tuan rumah Porda 2018 nanti. Agenda ini juga, kata Azis, merupakan dasar hukum pelaksanaan pembinaan prestasi dimasa yang akan datang.

"Ini merupakan implementasi dari keputusan Komisi A, pada Raparda KONI pada Juni 2013 lalu. Kami Sudah menyaksikan paparan dua tuan daerah. Namun seperti yang kita lihat Kabupaten Bogor memiliki dukungan lebih banyak,"katanya.

Azis menegaskan, Kabupaten Bogor yang menjadi tuan rumah Porda XIII 2018, harus memiliki komitmen untuk melaksanakan hajat terbesar olahraga Jabar itu dengan baik.

"Buat yang terpilih, saya tidak mau dengar ditengah jalan menegeluh. Saya lihat Kabupaten Bogor pantas menjadi tuan rumah, karena memiliki keseriusan terhadap kemajuan olahraga. Apalagi dengan kesiapan yang sudah ada sarana dan prasarana yang memadai, diharapkan menjadi contoh bagi daerah lain,"ungkap Azis.

Azis juga menyatakan kesediannya untuk mendukung dan mendorong pemerintah daerah Jabar untuk lebih memperhatikan bantuan anggaran untuk pelaksanaan Porda 2018 ini.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bogor, Rahmat Yasin mengatakan, untuk meningkatkan prestasi tentunya harus ditunjang sarana dan prasarana. Sejak dinyatakan dan dilantik menjadi Bupati Kabupaten Bogor pada (8/9) lalu, ia sudah memprogramkan pembangun gelanggang olahraga disetiap kecamatan dengan dana 15 miliar di luar stadion utama.

Untuk itu, ia menegaskan kesiapannya untuk menggelar event olahraga Porda XIII 2018.
"Sarana dan prasarana di Kabupaten Bogor, bukan baru mau atau akan dibangun, namun Desember ini kami akan meresmikan stadion utama yang menghabiskan dana sebesar 300 miliar dengan kapasitas 30ribu penonton,"tegasnya.

Di samping itu, sarana dan prasarana yang mendukung lainnya adalah memiliki dua stadion, pertama stadion berstandar internasional Pekansari di Kecamatan Cibinong dan Stadion Persikabo berstandar PSSI.

Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) di Kecamatan Parung, arena renang Hotel Seruni di Puncak Saparua, memiliki 10 lapangan golf, arena paralayang di Puncak Cisarua, arena menembak di Cibinong, arena berkuda Kinasih, di Caringin. Arena futsal Calcio di Cibinong, lapangan voli bertaraf internasional yang sering dipakai TC atlet nasional. Arena boling di perbatasan Kota Bogor, dan GOR untuk beladiri yang dinilai sudah standar.

"Alhamdulillah mendapatkan dukungan yang signifikan. Paling tidak dari sarana prasarana Kabupaten Bogor jauh lebih siap dan representatif. Paling yang belum punya untuk cabor layar,"ujar Rahmat.


(aww)

views: 1.836x
Bagikan artikel ini :
shadow