Prestasi atlet Porda jadi parameter kekuatan Jabar

Kamis, 10 Oktober 2013 - 10:25 WIB
Prestasi atlet Porda jadi parameter kekuatan Jabar
Prestasi atlet Porda jadi parameter kekuatan Jabar
A A A
Sindonews.com - Hasil Pekan Olahraga Daerah (Porda) XII 2014 di Kabupaten Bekasi, harus menjadi parameter penjaringan atlet di Pelatda Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar, Azis Syarif menuturkan, ajang Porda ini merupakan momentum awal para atlet untuk pamer kemampuan terbaiknya.

''Tentunya pelaksanaan Porda Jabar 2014 yang akan digelar di Kabupaten Bekasi harus menjadi Porda terbaik, karena memiliki posisi strategis menjelang Jabar menjadi tuan rumah PON XIX 2016 dan meraih cita-cita Jabar Kahiji nanti,”kata Azis di ruangannya.

Azis berharap, pelaksanaan Porda XII di Kabupaten Bekasi bisa berlangsung maksimal, dan minim kendala yang bisa menghambat pencapaian prestasi para atlet dari setiap cabor. Pasalnya, Porda ini menjadi panggung prestasi bagi atlet dan puncak prestasinya bisa dipertahankan pada ajang PON XIX 2016 nanti.

"Jabar akan bertindak sebagai tuan rumah PON 2016, jadi dipastikan pada Porda 2014 nanti akan menjadi perhatian daerah lain. Mau tudak mau, ya kita harus bisa membuktikan bahwa Porda Jabar 2014 merupakan gambaran dari kesungguhan Jabar dalam pembinaan atlet menuju Jabar Kahiji," tegasnya.

Meskipun dikabarkan tuan rumah Porda XII, Kabupaten Bekasi masih menghadapi kendala untuk gelaran tersebut. Namun, Kata Azis, hal tersebut harus bisa menjadi pemicu untuk berpikir lebih, bagaimana caranya hajat olahraga itu bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

Keseriusan daerah-daerah di Jabar sudah terlihat sangat antusias dengan berbondong-bondong melakukan seleksi dan pembinaan Pelatcab bagi para atlet-atlet di daerahnya. Sudah banyak juga daerah-daerah yang memasang target dan siap bersaing dengan daerah lain. Tinggal nanti dalam tata laksananya tuan rumah harus bertanggung jawab menyuguhkan yang terbaik bagai mereka yang akan berjuang di lapangan.

''Antusiasme dari daerah sudah baik, mereka sudah melakukan seleksi, melakukan Pelatcab bagi para atletnya, melakukan pembinaan lebih intensif. Begitu juga dengan para atletnya, tiap hari berjibaku untuk berlatih berharap hasil terbaik di Porda nanti. Tinggal yang menjadi tuan rumah harus siap dalam penyelenggarannya. Kendala pasti ada tapi tinggal bagaimana tuan rumah menyikapi dan mencari solusi. Sehingga Porda ini menjadi Porda yang baik menjelang pelaksanaan PON 2016,”ungkap Azis.

Sementara itu, Ketua I Bidang Organisasi KONI Jabar Djumara Frassad menambahkan, tahapan babak pra kualifikasi Porda 2014 dipastikan mulai bergulir pada bulan November 2013."Babak kualifikasi Porda sendiri rencananya akan dimulai November mendatang. Untuk itu, kami berharap setiap cabang olahraga bersiap-siap untuk menempuh mekanisme dan tahapan yang telah diatur dalam peraturan pertandingan," kata Djumara.

Begitu juga dengan seluruh elemen pembina olahraga Jabar, Djumara berharap komitmennya untuk bersama-sama menyukseskan Porda 2014 menjadi Porda yang terbaik dan strategis dalam mempersiapkan atlet PON 2016.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7056 seconds (0.1#10.140)