29 atlet Sumut bertekad sumbang emas

Selasa, 03 Desember 2013 - 20:11 WIB
29 atlet Sumut bertekad sumbang emas
29 atlet Sumut bertekad sumbang emas
A A A
Sindonews.com - Kontingen Indonesia menurunkan 621 atlet di ajang SEA Games XXVII/2013 di Myanmar. Sebanyak 29 atlet berasal dari Sumatera Utara yang ambil bagian di sembilan cabang olahraga.
Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara Agung Sunarno mengatakan, jumlah atlet Sumut yang menjadi bagian dari kontingen Indonesia SEA Games tahun ini meningkat dibandingkan SEA Games XXVI/2011 di Indonesia lalu, yakni 20 atlet dan 14 atlet SEA Games XXV/2009 Laos.

"Kita berharap mereka dapat memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dengan raihan medali, seperti pelaksanaan SEA Games sebelumnya. Kalau SEA Games tahun 2011, 10 medali Indonesia disumbangkan atlet Sumut," ungkapnya.

Adapun atlet Sumut yang ikut membela Indonesia di pentas SEA Games XXVII di cabor wushu, Lindswell, Niza Juwita Wazni, Aldi Lukman, Johannes, Jodis, Erick Losardi, Charles Sutanto, Arba Sibuea, Dasmantua. Di cabor karate, terdapat nama-nama Donny Darmawan, Jintar Simanjuntak, Deddy, Nova Sinaga, Srunita Ginting, dan Indah Mogia Angkat.

Kemudian, polo air, diwakilkan Silvester Gober Manik dan Beby, Jaka Kurniawan (biliar), Basuki Nugroho (Taekwondo), Indra Gunawan (Renang), Heka Mayangsari (gulat), Titin (hoki) dan Apriansyah (pencaksilat).

Sedangkan, untuk pelatih, Sumut juga patut berbangga. Sandri Liong dan Nerry Agus Manullang masuk dalam kontingen wushu, Fadil Nasution (biliar), Zulkarnaen Purba (Atletik), Delifinus Rumahorbo (karate), dan Supriyadi (polo air).

Agung menyakini, para atlet tersebut mampu mempersembahkan medali bagi Indonesia, dan turut membawa harum nama Sumut di mata nasional. Dari cabor-cabor tersebut, lanjut Agung, wushu dan karate kiranya berpotensi besar menyumbangkan pundi-pundi medali, tanpa mengkesampingkan cabang lainnya.

Untuk wushu, tidak perlu diragukan lagi, Lindswell, Niza Juwita Wazni, Aldi Lukman, Johannes, Erick Losardi, Charles Sutanto merupakan langganan medali pada beberapa kejuaraan dunia dan in ternasional lainnya.

Demikian juga cabang karate, ada Donny Darmawan, Jintar Simanjuntak, Indah Mogia Angkat yang sudah berhasil membuktikan kelasnya pada beberapa kejuaraan tingkat dunia dengan raihan medali emas. ''Mereka juga akan menjadi aset besar bagi Sumut pada PON XIX di Jawa Barat tahun 2016 mendatang," jelasnya.

Kontingen Indonesia telah dikukuhkan dan berangkat ke Myanmar guna mempersiapkan diri pada SEA Games yang digelar 11 sampai 22 Desember mendatang. Indonesia dipastikan mengirim 908 orang ke Myanmar yang terdiri dari 621 atlet, 221 ofisial dan pelatih, serta 66 pengurus. Kontingen Indonesia diharapkan mampu meraih 120 medali dari 460 medali yang diperebutkan di 33 cabor yang dipertandingkan.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5716 seconds (0.1#10.140)