Pedayung Sumsel wakili Indonesia ke Asian Games

Jum'at, 27 Desember 2013 - 19:06 WIB
Pedayung Sumsel wakili Indonesia ke Asian Games
Pedayung Sumsel wakili Indonesia ke Asian Games
A A A
Sindonews.com - Sukses meraih medali emas di SEA Games XXVII di Myanmar, pedayung Sumatera Selatan (Sumsel) Wahyuni kembali dipercaya mewakili Indonesia. Kali ini, Wahyuni akan membela Indonesia di even Asian Games 2014 di Korea Selatan.

Sekretaris Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sumsel Eva Ruliningtias mengatakan, hasil yang diraih Wahyuni ini jelas membanggakan. Dia juga memuji peningkatan kualitas yang ditunjukkan anak asuhnya usai perhelatan SEA Games 2011 lalu yang hanya meraih medali perunggu. Namun, di SEA Games Myanmar 2013 mereka sukses membawa pulang medali emas.

“Jelas ini prestasi yang sangat membanggakan, apalagi setelah ini ada atlet kita yang dipercaya kembali mewakili Indonesia di Asian Games 2014 di Korea Selatan. Bagi saya ini kemajuan pesat dia mampu menyumbangkan emas untuk indonesia di ajang SEA Games. Karena sebelumnya ia hanya menyumbangkan medali perunggu di SEA Games Myanmar,” katanya.

Torehan medali emas dari cabang dayung tersebut tak hanya membuat Indonesia bangga namun juga menyelamatkan muka Sumsel pada perhelatan akbar multievent SEA Games Myanmar, 11-22 Desember 2013. Pasalnya, dari 11 atlet dari 5 cabor yang dikirim mewakili Sumsel, hanya Dayung saja yang meraup 6 medali sekaligus, sedangkan cabor lainnya bisa dibilang mengalami penurunan prestasi.

Raihan medali 1 Emas, 2 Perak dan 3 Perunggu dari cabor dayung itu masing-masing disumbangkan oleh Wahyuni yang turun di nomor double scull putri, berpasangan dengan pedayung asal Papua, Maryam Magdalena yang sukses memperoleh medali emas.

Kemudian, dua medali perak diperoleh melalui Maryati dari nomor 5 kru 500 meter putri dan 22 kru 2000 meter putri. Sementara tiga medali perunggu diperoleh oleh Yuniati dan Maryati dari nomor 22 kru 500 meter putri dan 12 kru 500 meter putri.

Pencapaian Maryati pun sebenarnya sudah diprediksi oleh Eva. Sebab, dari segi pengalaman, anak asuhnya itu sudah cukup sering bertanding di level internasional. Jadi tidak heran jika Maryati mampu memborong 4 medali sekaligus dalam ajang SEA Games 2013 kali ini.

''Kalau Yuniarti yang meraih medali perunggu bisa kita maklumi karena SEA Games ini ajang pertama kali baginya. Barangkali dia masih terbebani. Namun, tetap hasilnya sudah bagus dan kita berharap bisa lebih baik lagi pada PON Jabar mendatang,” urainya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6340 seconds (0.1#10.140)