Gay Kembali Turun Gelanggang

Selasa, 03 Juni 2014 - 13:43 WIB
Gay Kembali Turun Gelanggang
Gay Kembali Turun Gelanggang
A A A
LAUSANNE - Sprinter Tyson Gay akhirnya bisa tersenyum lepas. Pasalnya, bulan depan dipastikan ia akan turun gelanggang usai menjalani skorsing akibat doping. Gay yang mantan juara dunia itu akan tampil dalam kejuaraan atletik Lausanne Diamond League pada 3 Juli mendatang.

Seperti diberitakan reuters, Selasa (03/06), pemegang rekor nasional Amerika Serikat itu dinyatakan bersalah setelah menggunakan doping pada 2013 lalu. Dari hasil tes urine diketahui jika ia mengonsumsi zat terlarang berupa anabolic streoid.

Gay nantinya akan bersaing dengan Justin Gatlin yang juga pernah terkena hukuman empat tahun dilarang berlomba dengan kasus yang sama. Selain itu, duel akan diramaikan dengan tampilya atlet Prancis Jimmy Vicaut.

"Lausanne selalu menjadi perlombaan favorit saya dan saya akan berusaha melakukan yang terbaik di awal penampilan saya,"ucap Gay mengaku dalam beberapa bulan ini tidak berlatih itu.

Bulan lalu, Badan Anti-Doping AS (USADA) mengumumkan Gay yang menjadi orang tercepat di dunia kedua mengaku menerima pemberian hukuman selama setahun terhitung sejak 23 Juni 2013 lalu. Alhasil medali yang pernah diraihnya, seperti medali perak di nomor 4x100 meter estafet di Olimpiade 2012 London harus dikembalikan.

Sebenarnya hukuman yang diberikan pada Gay ini mengundang kontroversi. Dalam aturannya jika atlet positif menggunakan doping setidaknya ia harus terkena hukuman selama dua tahun. Namun karena Gay kooperatif dan mengakui kesalahannya, maka hukuman dipotong satu tahun.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4145 seconds (0.1#10.140)