Jero Wacik Penuhi Panggilan KPK

Rabu, 16 Juli 2014 - 17:07 WIB
Jero Wacik Penuhi Panggilan KPK
Jero Wacik Penuhi Panggilan KPK
A A A
JAKARTA - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia dimintai keterangan mengenai kasus dugaan penyimpangan keuangan Kementerian ESDM tahun 2010-2013.

Dia tiba di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan."Saya baru saja memenuhi kewajiban warga negara karena saya diundang oleh KPK untuk memberi keterangan, jadi bukan saksi," ujar Jero, Rabu (16/7/2014).

Politikus Partai Demokrat itu mengaku belum menduduki jabatan menteri pada tahun 2010. "Pada 2011 januari sampai dengan Oktober, saya belum menjadi menteri. Oktober saya baru masuk (menjadi menteri)," ucapnya.

Jero menjelaskan, terdapat banyak pertanyaan umum yang ditanyakan oleh penyidik KPK kepadanya. "Seperti tugas Menteri ESDM, ada berapa dirjen, Dirjen Migas, Dirjen Kelistrikan, kepala Badan Geologi, Badan Diklat. Itu yang ditanya kepada saya, saya terangkan semua. Ditanya juga nama beberapa orang, hampir semua yang ditanya saya tidak tahu. Ada nama seorang jabatannya kasubag, saya enggak hafal, malah enggak kenal karena, saya baru tiga tahun," tuturnya.

Jero mengaku juga ditanya mengenai dana operasi menteri dana operasi menteri (DOM). "Saya terangkan memang ada DOM, setiap bulan ada DOM, ada APBN-nya, ada surat keputusan Menteri Keuangan. Semua menteri dapat," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5704 seconds (0.1#10.140)