Cara Mengatasi Mode Headset Tidak Bisa Hilang di HP Android dan iPhone

Selasa, 13 September 2022 - 07:48 WIB
loading...
Cara Mengatasi Mode Headset Tidak Bisa Hilang di HP Android dan iPhone
Cara mengatasi mode headset yang tidak bisa hilang penting diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Sering kali saat kita mencolokkan atau menghubungkan headset ke HP, ada logo headset yang muncul di notifikasi kita. Hal tersebut wajar saat kita sedang memakainya. Menandakan headset tersebut sedang terhubung ke HP kita.

Namun, apa yang terjadi jika kita sudah tidak menghubungkan headset dengan HP, namun logo headset masih muncul? Permasalahan ini sepele, tetapi akan menjadi genting jika kita menerima panggilan penting dan tidak dapat mendengar suara.

Tidak hanya itu, kita juga tidak bisa mendengar audio musik, video ataupun voice note yang ingin diputar. Nah, berikut ada beberapa solusi sederhana yang dapat dilakukan untuk menghilangkan mode headset pada HP Android:

1. Memulai Ulang Ponsel Android
Cara ini dapat dilakukan ketika mode headset terus berlanjut. Kemungkinan ada bug dan virus yang membuat HP error.

2. Mematikan HP Beberapa Saat
Mematikan HP selama 1-2 menit diharapkan bisa mengatasi mode headset yang tidak bisa hilang. Biasanya, masalah ringan yang terjadi dapat teratasi.

3. Membersihkan Port Headset
Jika headset yang Anda gunakan dapat dicolokkan ke HP, Anda juga perlu memerhatikan selot 3.5 mm. Apakah terdapat banyak debu atau tidak. Bisa memakai cotton buds atau yang sejenis.

4. Menggunakan Aplikasi Headset Toggle
Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store dan dapat membantu mengembalikan mode headset ke normal. Unduh aplikasi Headset Toggle lewat Play Store, lantas di halaman utama masuk ke menu speaker, lalu mode headset dapat menghilang.

5. Melepas Pasangkan Headset Secara Berulang
Salah satu solusi mudah adalah melepas pasang headset di colokan HP. Lakukan secara berulang selama 4-5 kali. Cara ini dilakukan agar HP berhenti mengenali mode headset.

6. Menyetel Ulang Setelan Pabrik
Jika semua cara sudah dilakukan namun mode headset tidak dapat menghilang, maka Anda perlu melakukan setelan ulang terhadap HP Anda. Perlu diperhatikan jika Anda ingin menyetel ulang pastikan semua data penting dalam HP sudah disalin. Sebab, jika tidak maka semua data akan hilang begitu saja.

Cara Mengatasi Mode Headphone yang Tidak Bisa Hilang di iPhone
Cara Mengatasi Mode Headset Tidak Bisa Hilang di HP Android dan iPhone

Sebenarnya, cara memperbaiki mode HP pada iPhone sama saja seperti memperbaiki mode headset di Android. Fakta lain, ternyata menggunakan headset berkarat serta tidak original juga dapat membuat mode headset tidak dapat menghilang. Jadi perlu diperhatikan jika Anda membeli headset. Nah, berikut tipsnya:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2905 seconds (0.1#10.140)