Istana Negara Gelar Independece Day Run

Jum'at, 22 Agustus 2014 - 18:47 WIB
Istana Negara Gelar Independece Day Run
Istana Negara Gelar Independece Day Run
A A A
JAKARTA - Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69, Istana Negara selaku penyelenggara, bersama Komandan Pasukan Pengamanan Presiden Mayor Jenderal TNI Doni Monardo, Garuda Finishers dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai sponsor utama menyelenggarakan Independence Day Run.

Pelaksanaan lomba digelar pada Minggu (31/8) dan akan dilepas oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono di depan Istana Merdeka Jakarta pukul 06.15 WIB.

“Ini merupakan kedua kalinya Istana Negara menyelenggarakan Independence Day Run. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kedekatan Istana Negara dengan masyarakat dan memupuk rasa nasionalisme. Selain lomba lari kami juga menyelenggarakan Pesta Rakyat dengan berbagai macam lomba khas 17 Agustus seperti balap karung, panjat pinang, lomba bakiak dan makan kerupuk, selain itu ada hiburan menarik dari artis-artis Ibu Kota. Kami berharap kegiatan ini dapat diikuti, dinikmati dan menyatukan berbagai lapisan masyarakat,” ujar Aji Satrio dari Panitia Pelaksana Independence Day Run dalam siaran pers yang diterima Sindonews.com, Jumat (22/8).

Sesuai dengan semangat 17 Agustus, lomba lari ini terbagi menjadi dua jarak yaitu 17 kilometer (17K) dan 8 kilometer (8K). Lari 17 kilometer akan melalui rute mulai depan Istana Merdeka menuju jalan MH. Thamrin, Jalan Sudirman, Semanggi hingga Jalan Sisingamangaraja (berputar di lampu merah Al-Azhar) dan finish di Silang Monas. Sementara 8 kilometer akan melalui rute mulai dari depan Istana Merdeka menuju Jalan MH. Thamrin, Jalan Sudirman kemudian berputar di depan Gedung Chase Plaza dan finish di Silang Monas.

Pada tahun ini Istana Negara menyediakan 11.000 medali yang akan diberikan kepada 1.000 pelari 17K dan 10.000 pelari 8K yang mencapai garis finis. Sama seperti tahun lalu, keunikan Independence Day Run adalah kehadiran Tough Warriors sebagai peserta yang akan mengenakan pakaian dinas lapangan dengan perlengkapan tempur dengan berat sekitar 17 kilogram dan mengikuti lari 17K. Perbedaan tahun ini Tough Warriors diikuti 17 personil dari berbagai kesatuan yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara dan juga Kepolisian.

Sejumlah 45.000 peserta akan memperebutkan total hadiah Rp 700 juta. Untuk juara kategori 17K terdiri dari juara lari kelompok (5 orang) yang membawa bendera Merah Putih, juara pria dan wanita. Sementara juara kategori 8K terdiri dari juara pria, wanita dan juara kostum terbaik atau paling menarik. Warga Negara Asing yang berpartisipasi berkesempatan mendapatkan hadiah kostum terbaik.

Peserta yang sudah mendaftar dapat mengambil fasilitas lomba (race pack) pada 25 – 29 Agustus 2014 di FX Sudirman, Jakarta. Race pack terdiri dari kaos dry fit, nomor dada, lembar informasi serta kupon doorprize. Penyelenggara menyediakan berbagai macam doorprize menarik dengan total Rp 500 juta.

Selain lomba lari, komunitas pelari Bandung ikut berpartisipasi lari jarak jauh Bandung-Jakarta dengan jarak 178 km. Pesta Rakyat yang akan dimeriahkan oleh demonstrasi TNI seperti Drum Band Lokananta Akademi Militer, Terjun Payung TNI, Polri, dan FASI, demo Jupiter Aerobatic Team dari TNI Angkatan Udara dan pameran alutsista (alat utama sistem senjata) TNI terdiri dari Tank Leopard dan Panser Anoa. Selain itu para pengunjung juga dapat menjadi peserta lomba 17 Agustus seperti balap karung, lomba makan kerupuk, panjat pinang dan lomba balap bakiak.

Sebagai penutup, Kolonel Adm. Edi Wuryanto selaku Ketua Panitia mengharapkan Independence Day Run ini dapat menjadi agenda tahunan dari Istana Negara dalam perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5623 seconds (0.1#10.140)