Petarung Jatim Uji Nyali di Bumi Gora

Jum'at, 29 Agustus 2014 - 08:29 WIB
Petarung Jatim Uji Nyali di Bumi Gora
Petarung Jatim Uji Nyali di Bumi Gora
A A A
SURABAYA - Nyali para atlet tarung derajat Jawa Timur yang tergabung dalam Puslatda bakal kembali diuji. Kali ini, sebanyak 16 petarung akan menjalani ekshibisi saat try out di Nusa Tenggara Barat (NTB), 11-14 September, mendatang.

"Semua atlet kami bawa ke NTB, total ada 16 atlet. Ini adalah salah satu program yang didukung KONI sebagai persiapan jangka panjang menuju PON 2016 di Jabar nanti,''ujar Ketua Harian Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jatim, Erwin Haricahyo.

Dipilihnya NTB sebagai tempat try out bukan tanpa alasan. Selama ini, provinsi yang dikenal dengan sebutan Bumi Gora itu dikenal memiliki petarung andal di pentas nasional. "Di kelas seni, Jateng dan Jabar cukup bagus, tapi di kelas tarung, NTB, Bali, Jabar dan Jatim sendiri merata,''ucapnya.

Selain NTB memiliki kualitas petarung cukup sepadan, lokasi try out juga cukup bagus untuk menempa fisik para atlet. Sebab, selama tiga hari akan berada di tepi Pantai Senggigi.

"Berlatih di pasir pantai juga bisa untuk meningkatkan fisik para atlet. Sekaligus juga mencari suasana lain. Karena psikologi atlet juga penting, latihan di matras terus bisa bosan,''timpal Ketua Bidang Pembinaan Kodrat Jatim, Muhammad Muchsen.

Sebelumnya, pada awal bulan Agustus lalu, latihan fisik juga sempat digelar Kodrat Jatim di kawasan Gunung Bromo, Pasuruan. "Hasilnya akan kita lihat dalam try out ini, fisik ada peningkatan atau tidak. Meski eksebisi dalam pertandingan nanti, kita minta semua tampil maksimal, " ucapnya

Wajar jika seluruh atlet di minta tampil maksimal selama di NTB nanti. Sebab, akan menjadi salah satu acuan dalam menetapkan skuad yang akan di terjunkan dalam Kejurnas Piala Presiden di Semarang, Desember mendatang. "Ini juga persiapan menghadapi Kejurnas. Harus sungguh-sungguh jika tetap ingin bertahan di Puslatda, sudah ada beberapa yang kita degradasi karena tidak sesuai harapan,''ucapnya.

Tahun ini, KONI Jawa Timur sudah tidak memandang sebelah mata dengan cabor tarung derajat dibuktikan dengan mendukung penuh program try out ke NTB. "Pengajuan kita try out ke NTB langsung di ACC oleh KONI, kami tidak ingin mengecewakan,''tandasnya.

Bisa jadi dukungan KONI Jatim diberikan setelah Kodrat Jatim mampu menunjukan prestasi megesankan dalam Kejurnas Piala Presiden, Desember lalu. Saat itu, Jatim membawa pulang tiga medali emas. Sementara di PON 2012, tarung derajat menyumbangkan satu medali perak.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8765 seconds (0.1#10.140)