IAGOC Kirim Surat Protes kepada JOC

Sabtu, 20 September 2014 - 12:16 WIB
IAGOC Kirim Surat Protes kepada JOC
IAGOC Kirim Surat Protes kepada JOC
A A A
INCHEON - Di balik kemeriahan dan kemegahan upacara pembukaan Asian Games XVII di Incheon, Korea Selatan, Jumat (19/9) malam, terselip cerita kurang mengenakan. Hal itu terkait pembagian lencana atau lambang yang dilakukan sebagian atlet Jepang kepada anak sekolah di Seoul, sebelum acara tersebut berlangsung.

Menurut kantor berita Japan Times, Sabtu (209/), guru salah satu sekolah di Seoul marah besar ketika mengetahui 20 siswanya tengah menggenggam 20 lencana atau lambang berbentuk segitiga, yang menggambarkan kekejaman Jepang selama menjajah Korea Selatan pada 1910 hingga 1945, sebelum akhirnya bendera Matahari Terbit berubah setelah Perang Dunia II.

Tak ingin kejadian ini terulang, guru akhirnya memberanikan diri untuk melaporkan kasus ini kepada Incheon Asian Games Organizing Committee (IAGOC). Setelah menerima laporan, IAGOC langsung mengirimkan surat protes kepada Komite Olimpiade Jepang (JOC).

Hal ini dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang selama multi event ini berlangsung. "IAGOC telah meminta JOC untuk mengambil tindakan dan mencegah terulangnya insiden semacam itu. Kami tengah mencari solusi untuk mengantisipasi masalah ini, karena hanya beberapa atlet Jepang yang terlibat," demikian pernyataan pejabat IAGOC dikutip NDTV Sports.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7240 seconds (0.1#10.140)