Uppercut Ibu Tiga Anak Ini Berbuah Emas

Rabu, 01 Oktober 2014 - 21:49 WIB
Uppercut Ibu Tiga Anak Ini Berbuah Emas
Uppercut Ibu Tiga Anak Ini Berbuah Emas
A A A
INCHEON - Hmangte Chungneijang Mary Kom menjadi wanita India pertama meraih emas dari cabang tinju wanita Asian Games 2014. Mary Kom menjadi yang terbaik di kelas terbang (48-51kg) setelah mengalahkan petinju Kazakhstan Zhaina Shekerbekova 2-0 di Seonhak Gymnasium, Incheon, Rabu (1/10).

Mery Kom sempat terpojok mendapat serangan Shekerbekova di ronde pertama. Bahkan, tertinggal dalam pengumpulan angka. Namun, ibu tiga anak (si kembar Rechungvar dan Khupneivar, serta Prince Chungthanglen Kom) itu bangkit dengan agresivitasnya di babak kedua. Menghujani tubuh Shekerbekova dengan hook dan uppercut, Mary Kom menyamakan kedudukan meskipun split decision.

Petinju yang dijuluki Magnificent Mary oleh Asosiasi Tinju Internasional itu mulai mendominasi di ronde ketiga dan membuat Shekerbekova tidak mampu mengatasi tekanan permainan Mary Kom dan hanya bisa membalas dengan memegang lawannya sehingga kerap mendapat peringatan wasit.

Di Asian Games, itu merupakan medali emas pertama bagi Mary Kom, tapi dia sudah mengantongi 15 medali emas sepanjang karier tinju amatirnya, sejak dia pertama kali mengikuti Kejuaraan Dunia Tinju Amatir di Antalya, Turki tahun 2002.

Wanita kelahiran Kangathei, Manipur, India, 1 Maret 1983 itu menjadi juara dunia lima kali dan meraih perunggu di Olimpiade 2012. Dia juga meraih perunggu pada debutnya di Asian Games 2010.

Prestasi Mary Kom membanggakan India. Tak hanya media massa memujinya, artis Bollywood Priyanka Chopra dalam akun twitternya (@priyankachopra) berkicau menjura Mary Kom. “So proud of u @mangtec u r a true champ!! My Shero! Be #Unbeatable Be #Unbreakable Be #MaryKom.“
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7025 seconds (0.1#10.140)