174 Atlet Masuk di Sulsel Maju II

Selasa, 07 Oktober 2014 - 06:08 WIB
174 Atlet Masuk di Sulsel Maju II
174 Atlet Masuk di Sulsel Maju II
A A A
MAKASSAR - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel bakal merilis 147 atlet untuk Sulawesi Selatan Maju II sebagai program pembinaan unggulan untuk persiapan untuk Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) mendatang.

Angka ini meningkat dari jumlah sebelumnya yang hanya mencapai 100 atlet, hal tersebut disebabkan bertambhanya cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan nantinya. Selain itu, angka ini masih akan berubah sesuai dengan perkembangan atlet yang ada di Sulsel.

Wakil Ketua KONI Sulsel Marsuki Wadeng untuk saat ini pihaknya telah mengantongi 174 atlet untuk dipersiapakan pada Pra PON dan PON 2016 mendatang. "Angka ini meningkat ketimbang sebelumnya, karena cabor bertambah menjadi 27," kata dia saat dikonfirmasi di Gedung KONI.

Dirinya menjelaskan, untuk atlet yang ada saat ini tetap digunakan sistem promosi dan degradasi, yakni jika memang ada yang menurun prestasinya akan dipertimbangkan untuk masuk ke Sulsel maju II. "Sebelumnya ada beberapa atlet yang jatuh, karena memang tidak mengalami perkembangan," katanya.

Selain itu, pihaknya terus melakukan pernyeleksian atlet, jadi kata dia, jumlah yang ada saat ini bisa berkurang ataupun bertambah. Apalagi, atlet yang dari Pekan Olahraga Daera (Porda) Bantaeng beberapa waktu lalu belum dilihat kemampuannya. "Makanya atlet memang harus maksimal berlatih," jelasnya.

Sekedar diketahui, pada PON lalu Sulsel menempati peringkat enam dengan perolehan medali masing-masing 19 emas, 17 perak, dan 21 perunggu. Cabang olahraga karate menyumbang medali terbanyak dengan masing-masing 6 emas 2 perak serta 1 perunggu.

Untuk itu lanjut Marzuki pihaknya betul-betul akan mempersiapkan diri untuk bisa meningkatkan raihan sebelumnya, namun dirinya berharap pada Pra PON nantinya akan berusaha menempatkan atlet terbaiknya. "Rencananya juga kami akan melakukan TC, tapi ini masih dibicarakan kapan waktunya," jelas dia.

Sementara itu, Sekertaris KONI Addien mengatakan, pihaknya masih akan melihat atlet yang memiliki potensi. Apalagi, atlet yang berprestasi di Porda. "Nanti kita akan tes mereka, apa bisa masuk atau tidak," kata dia.

Kendati demikian, dirinya menjelaskan ada beberapa atlet yang memiliki potensi, seperti pada cabor Renang di Bantaeng beberapa waktu lalu. "Namun yang ada saat ini kita akan lihat lagi perkembangannya," tukasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5188 seconds (0.1#10.140)