Mantan Atlet Berempati pada Chong Wei

Kamis, 23 Oktober 2014 - 14:48 WIB
Mantan Atlet Berempati pada Chong Wei
Mantan Atlet Berempati pada Chong Wei
A A A
KUALA LUMPUR - Sejumlah mantan atlet bulu tangkis Malaysia berempati pada Lee Chong Wei yang tengah menghadapi tuduhan menggunakan doping. Kwan Yoke Meng, Wong Choong Hann dan Ong Ewe Hock mengaku terkejut dengan kasus yang sedang menimpa yuniornya tersebut.

Sejauh ini pihak otoritas olahraga Negeri Jiran memang belum menyebutkan nama atlet yang terkena kasus doping tersebut. Asosiasi Bulu tangkis Malaysia (BAM) dan Kementerian Olahraga Malaysia sampai sekarang masih bungkam.

Meski begitu tuduhan terkuat dialamatkan ke Chong Wei yang berperingkat satu dunia itu. Pasalnya, kasus doping itu ditemukan di Kejuaraan Dunia di Denmark, Agustus lalu.

Penggunaan zat terlarang tersebut diperoleh dari tes sampel A. Sedangkan sampel B belum diumumkan. Meski sejauh ini jarang sampel B mempunyai hasil berbeda dengan sampel A, peluang Chong Wei terbebas dari tuduhan masih ada.

Yoke Meng, yang merupakan anggota Piala Thomas Malaysia 1992 mengaku terkejut mendengar Chong Wei tengah menghadapi skandal. "Dia begitu lama bermain di kancah internasional. Saya tidak percaya ini. Dia perngelaman dan saya tidak berpikir dia akan melakukan sesuatu yang disengaja," papar Yoke Meng di thestar, Kamis (23/10).

"Saya memilih untuk tidak percaya semuanya sampai pengurus memberikan pengumuman resmi. Bisa saja ada keselahan dan berharap sampel B bisa menghapus semua kesalahan si atlet," imbuh Yoke Meng.

Yoke Meng melanjutkan berita soal doping ini sangat tidak baik buat citra bulu tangkis. "Saya berharap orang tidak melompat ke berbagai kesimpulan sampai semuanya terang benderang."

Peraih medali perak kejuaraan dunia, Wong Choong Han berharap persoalan ini ditangani secara hati-hati. "Mari semuanya bersabar dan menunggu hasil sampel B dan tidak menyebarkan gosip. Akan tidak adil buat atlet yang terlibat," katanya.

Sementara itu, mantan juara Malaysia Terbuka, Ewe Hock meminta penyelidikan dilakukan secara menyeluruh sehingga bisa membersihkan nama atlet.

"Siapa yang memberikan obat ini ke atlet. Apakah jumlah yang diberikan itu sudah sesuai aturan ? Apakah steroid ini untuk meningkatkan meningkatkan atau pemulihan ? Semuanya harus melihatnya sebelum sampai pada kesimpulan," harapnya.

Dalam kesempatan ini Ewe Hock juga meminta asosiasi, Kementerian Olahraga dan federasi internasional bisa memberikan penjelasan yang baik. "Saya yakin mereka tahu apa yang terjadi sebenarnya. Semua tuduhan yang dilemparkan sekarang tidak adil buat pemain."
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1036 seconds (0.1#10.140)