Jaring Bibit Pecatur, Gelar Open Turnamen

Rabu, 29 Oktober 2014 - 01:15 WIB
Jaring Bibit Pecatur, Gelar Open Turnamen
Jaring Bibit Pecatur, Gelar Open Turnamen
A A A
SEMARANG - Klub Catur ADS Semarang akan menggelar open turnamen catur yunior pada 9 November 2014, bertempat di Kantor Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

Ditargetkan acara tersebut bisa diikuti hingga 150 atlet dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Kegiatan itu mempertandingkan nomor cepat, untuk kategori usia di bawah 11 tahun dan 11-17 tahun baik putra maupun putri. Pemenang akan mendapatkan uang pembinaan, piagam penghargaan dan piala.

Sekretaris ADS Kota Semarang Agus Martoyo mengatakan, open turnamen digelar untuk lebih memberi banyak kesempatan atlet yunior untuk bertanding. Melalui turnamen tersebut diharapkan juga akan muncul atlet-atlet baru.

“Sifatnya terbuka, tidak harus membawa rekomendasi dari Percasi di kabupaten dan kota, asal masih memenuhi persyaratan. Kalaupun menggunakan rekomendasi juga boleh, individual juga boleh” kata Agus, kemarin. Pendaftaran sudah dibuka sejak dua minggu lalu dan bisa dilakukan di Kecamatan Genuk.

Agus menjelaskan, turnamen akan dilaksanakan dengan sistem cepat. Sehingga akan selesai dalam satu hari.
“Mulai pukul 08.30 dan selesai pukul 17.00. Sebelum mengirimkan atlet, Percasi perlu melihat kesiapan pendanaan, jika atlet banyak, juga butuh dana besar pula, tapi jangan dipaksakan, apa adanya saja,” tuturnya.

Dia mengatakan, melalui kejuaraan tersebut, Percasi Jateng itu ingin melihat sejauh mana kekuatan catur Jateng pada usia yunior. Sebab, pada 12-22 November mendatang ada Kejurnas di Makassar Sulawesi Selatan.

Menurut dia, turnamen tersebut digelar sekaligus sebagai acara pengukuhan pengurus klub ADS. Di Kota Atlas sendiri, saat ini sudah ada lebih dari 20 klub catur. Komisi Perwasitan Pengprov Percasi Jateng itu berharap agar olahraga catur semakin memasyarakat.

“Setiap seminggu sekali, ADS ke depan akan memberikan pembinaan kepada anak SD dan SMP tentang catur,” pungkasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4531 seconds (0.1#10.140)