China Bantah Tutupi Kasus Doping

Senin, 24 November 2014 - 19:26 WIB
China Bantah Tutupi Kasus Doping
China Bantah Tutupi Kasus Doping
A A A
BEIJING - Otoritas olah raga China membantah tuduhan telah menutupi kasus doping yang dialami perenang andalan mereka, Sun Yang. Atlet yang telah menyumbangkan medali di Olimpiade 2012 dan Asian Games 2014 silam itu telah dihukum selama tiga bulan akibat tindakan melanggar sportivitas itu.

Kasus doping yang dialami Sun Yang ini memang agak mengejutkan. Pasalnya, ia diketahui menggunakan zat trimetazidine saat tampil di Kejuaraan Renang Nasional pada Mei silam. Ironisnya Sun Yang malah bisa memperkuat China di ajang Asian Games Incheon, Korsel, yang digelar September lalu.

Badan Anti-Doping China (CHINADA) yang baru mengumumkan soal keterlibatan Sun Yang dengan doping mempunyai alasan sendiri. "Sun Yang adalah atlet terkenal di China dan dikenal di dunia. Itu berarti kami harus menangani kasus ini secara hati-hati," jelas Wakil Direktur CHINADA Zhao Jian dilansir reuters dari xinhua, Senin (24/11).

"Ini jelas kasus besar, tapi kami tidak mau menutupinya. Kami umumkan hasil tes dan uji statistik kami dalam laporan kuartal seperti yang diminta WADA (Badan Anti-Doping Dunia)," sambung Jian.

CHINADA menjelaskan saat ini Sun Yang telah dijatuhi hukuman tiga bulan karena telah bertahun-tahun menggunakan trimetazidine untuk mengobati penyakit jantungnya. Padahal, sejak Januari tahun ini jenis obat tersebut telah dimasukkan dalam kategori doping oleh WADA.

Mencuatnya kasus ini seperti diingatkan kembali skandal besar yang pernah dilakukan tim renang China di era 1990-an. Saat itu di Kejuaraan Renang Dunia 1994, China berjaya dengan menyabet 12 gelar dari 16 nomor putri yang dipertandingkan di Roma. Tapi, dunia akhirnya dikejutkan setelah tujuh perenang yang menyabet medali emas positif menggunakan doping dan dilarang berlaga di Asian Games Hiroshima, Jepang.

Kejadian ini kembali terulang di Kejuaraan Dunia 1998 di Perth, Australia. Kali ini empat perenang China diusir dari perlombaan setelah positif menggunakan steroid. Hal ini terungkap setelah sepekan setelah satu perenang dan seorang pelatih ditangkap di Bandara Sydney karena diduga ingin menyelundupkan manusia. Otoritas China berjanji kala itu berjanji akan menindak 27 atlet yang terlibat skandal tersebut meski dunia meragukannya.

Penampilan tim renang China memang mengejutkan di Olimpiade 2012 London. Jika sebelumnya mereka hanya mampu mendulang satu emas, tapi tidak di ibu kota Inggris itu. Lima medali gelar berhasil disabet termasuk dua medali yang masing-masing dipersembahkan Sun Yang dan Ye Shiwen. Sun Yang sendiri tercatat sebagai perenang putra China yang berhasil meraih emas olimpiade dan tampil sebagai pahlawan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5052 seconds (0.1#10.140)