Jill Stidever, Pahlawan Anak Berkebutuhan Khusus

Senin, 15 Desember 2014 - 17:10 WIB
Jill Stidever, Pahlawan Anak Berkebutuhan Khusus
Jill Stidever, Pahlawan Anak Berkebutuhan Khusus
A A A
LONDON - Namanya memang tidak begitu tenar di dunia olah raga, khususnya renang. Tapi siapa nyana jika Jill Stidever adalah pahlawan bagi anak berkebutuhan khusus. Sudah puluhan tahun ia mengabdikan diri untuk memberi pelajaran renang bagi murid-muridnya yang tidak normal itu.

Ini bukan tugas mudah. Bayangkan saja sudah 60 tahun Stidever menekuni profesinya tanpa memikirkan tanda jasa apapun. Bahkan di usianya yang sekarang menginjak 77 tahun, wanita asal Leicestershire, London itu telah menjadi inspirasi banyak orang.

Tak heran jika BBC mengganjarnya penghargaan sebagai Tokoh Inspirasi Tanpa Tanda Jasa. Pemberian yang diberikan, Minggu (14/12) malam waktu setempat, karena Stidever mampu mengubah paradigma mengenai anak-anak dengan kebutuhan khusus. Ia berjuang keras menunjukkan kepada publik jika anak asuhnya bisa juga menjadi atlet.

"Untuk seluruh tim saya, suami dan semua orang yang mendukung, saya ucapkan terima kasih banyak," ucapnya dilansir BBC, Senin (15/12).

Stidever hadir ditemani anak perempuannya, Jane yang kebetulan mempunyai masalah sama dengan anak asuh lainnya. Namun berkat kerja kerasnya, Jane mampu menjadi atlet andalan Inggris. Jane sudah menyumbangkan 14 medali dan empat di antaranya adalah medali emas dalam lima penampilannya di ajang Paralympic Games.

"Saya mempunyai anak berusia tujuh tahun dan akhir pekan lalu baru saja meraih medali. Dia pun membuat pidato singkat soal medalinya. Saya tidak bisa menahan air mata mendengar pidatonya. Hal itu sangat spesial, terutama untuk orang tua yang dalam beberapa tahun ini mempercayakannya pada saya. Saya bukan orang konvensional, namun saya bekerja untuk menolak mereka. Terima kasih untuk semuanya atas dukungan selama ini," ungkap Stidever.

Buat Stidiver ini bukan penghargaan pertama. Sebelumnya ia pun sudah mendapatkan MBE atas kerelaannya memberikan pelatihan amal selama 40 jam per pekan, menggalang dana dan pengorganisasian.
Jill Stidever, Pahlawan Anak Berkebutuhan Khusus
Stidever bersama anak-anak asuhnya yang berkebutuhan khusus/bbc
Keberhasilan Stidever memompa motivasi anak-anak berkebutuhan khusus ini juga tak lepas dari dukungan sang suami, Jill Mick. "Dia mencintai apa yang dia kerjakan," ucap Mick mengomentari pekerjaan Stidever.

"Dia pasti menghargai penghargaan ini dan akan menjadi motivasi untuk para perenangnya, melatih, dan keluarganya. Ini akan menjadi kebanggaan luar biasa di mana bisa menyaksikan anak berkebutuhan khusus bisa tersenyum. Ini bukan hanya soal renang tapi soal kehidupan," lanjut Mick.

Keharuan juga tidak bisa ditutupi Jill Codling ayah Levi yang menjadi salah satu murid Stidever. "Dia telah mengubah hidup anak saya. Tadinya saya mengatakan pada anak saya jika dia tidak bisa renang, tapi dia sekarang dia bisa bersaing di event nasional. Stidiver benar-benar telah memberdayakan anak saya hingga mampu melakukannya."

Selama karirnya, Stidever telah membentuk klub renang untuk orang berkebutuhan khusus. Setidaknya tiga perenangnya mampu mewakili Inggris di ajang Paralympic Games.
Jill Stidever, Pahlawan Anak Berkebutuhan Khusus

Stidever dengan telaten melatih anak asuhnya/bbc
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5290 seconds (0.1#10.140)