Kilas Balik Olahraga 2014

2014, Momentum Gelar Ganda Olahragawan

2014, Momentum Gelar Ganda Olahragawan
Sejumlah prestasi gemilang berhasil ditorehkan olahragawan kelas dunia tahun ini/istimewa
A+ A-
JAKARTA - Sebentar lagi pergantian tahun akan tiba dari 2014 ke 2015. Bagi para olahragawan, tahun yang bershio kuda kayu ini bakal sulit dilupakan sebab mereka mendapatkan hasil terbaik dari jerih payah masing-masing.

Sebagian atlet atau tim di berbagai cabang olahraga seperti tenis, Formula 1, MotoGP dan Basket mendapatkan momentum gelar gandanya. Berikut sedikit ulasan dari Sindonews.com beberapa atlet atau tim yang berhasil merengkuh trofi juara keduanya tahun ini.

1. Lewis Hamilton
Tak dipungkiri lagi jika tahun ini adalah milik Lewis Hamilton. Pembalap Formula 1 dari Mercedes ini berhasil mengakhiri puasa gelarnya selama enam musim sejak terakhir kali tahun 2008 juara di atas lintasan balap.

2014, Momentum Gelar Ganda Olahragawan

Lewis Hamilton saat memenangi Grand Prix Formula 1 di Abu Dhabi November lalu sekaligus dinobatkan sebagai juara dunia Formula 1 2014/reuters


Pria kelahiran Stevenage, Hertfordshire, Inggris 7 Januari 1985 ini berhasil tampil gemilang sepanjang musim dengan memenangi 11 dari 20 seri balap. Sukses mengalahkan saingan sekaligus sahabatnya, Nico Rosberg, Hamilton mengakhiri tahun dengan poin 384 dan dinobatkan sebagai juara dua kali Formula 1.

2. Marc Marquez
Saat muncul sebagai rookie MotoGP yang berhasil juara tahun lalu, kesuksesan Marquez memang diramal bakal terus berlanjut. Tahun ini, pembalap berusia 21 tahun itupun membuktikan jika terawangan soal prestasinya benar.

2014, Momentum Gelar Ganda Olahragawan

Marc Marquez saat dinobatkan sebagai juara dunia MotoGP 2014 di Grand Prix Motegi, Jepang Oktober lalu/crash


Tahun ini Marquez merengkuh gelar juara dunia keduanya. Selain itu, sejumlah rekor juga mewarnai kakak kandung Aleix Marquez itu seperti mengalahkan rekor Mick Doohan dengan merebut 13 kemenangan dalam satu musim.

3. Novak Djokovic
Seperti julukannya, Joker, karir petenis Serbia itu bisa dibilang lengkap tahun ini. Setelah berhasil memenangi serangkaian juara, Djokovic juga diganjar bonus dengan kelahiran seorang putra yang diberi nama Stefan.

2014, Momentum Gelar Ganda Olahragawan

Novak Djokovic berhasil memenangi turnamen Final ATP 2014 sekaligus menegaskan posisinya sebagai petenis nomor satu dunia tahun ini/telegraph

Tahun ini, Djokovic berhasil memenangi turnamen tenis Grand Slam paling bergengsi yakni Wimbledon. Gelar Wimbledon tahun ini adalah yang kedua di lemari trofinya. Berkat penampilannya itu, ia berhasil mendulang banyak poin hingga masuk ke final tur ATP dan memenanginya sekaligus mengantarnya jadi petenis nomor satu dunia tahun 2014.

4. San Antonio Spurs
Klub basket yang bermarkas di AT&T Center, San Antonio, texas ini menegaskan momentum kebangkitannya tahun ini. Setelah puasa gelar kejuaraan NBA selama tujuh musim, tahun ini dahaga tersebut berhasil dihentikan.

2014, Momentum Gelar Ganda Olahragawan

San Antonio Spurs berhasil memenangi kompetisi NBA 2014 setelah memenangi final play off kontra Miami Heat Juni lalu/reuters

Setelah memenangi juara divisi kelima berturutnya sejak 2011, prestasi Spurs kembali dipertegas dengan menjuarai NBA tingkat konferensi keduanya. Setelah bersaing dengan Miami Heat di final play off NBA, Spurs akhirnya memenangi tingkat nasional dengan keluar sebagai juara NBA tahun ini.

5. Floyd Mayweather Jr
Petinju berjuluk The Money itu pantas disematkan sebagai raja pound-to-pound. Belum terkalahkan selama karirnya dirasa pas menempatkan gelar tersebut padanya.

2014, Momentum Gelar Ganda Olahragawan

Petinju Floyd Mayweather Jr diarak usai menumbangkan petinju Argentina, Marcos Maidana Maret lalu. Kemenangan itu membuatnya merebut sabuk welter WBA Super dan memperpanjang rekor tak terkalahkannya/bleacherreports

Tahun 2014, anak kandung petinju legendaris Floyd Mayweather Sr itu hanya cukup melakukan dua kali pertarungan untuk memastikan gelar keduanya. Dua kali meladeni petinju Argentina, Marcos Maidana awal tahun dan September lalu, ia menasbihkan diri sebagai raja tinju kelas welter. Titel tersebut melengkapi prestasinya setelah tahun lalu ia dinobatkan sebagai raja tinju kelas welter junior.


(rus)
dibaca 3.739x

BERITA TERKAIT

    Top