IOC Akhirnya Ngaku Puas dengan Kesiapan Olimpiade 2016

Kamis, 26 Februari 2015 - 18:34 WIB
IOC Akhirnya Ngaku Puas dengan Kesiapan Olimpiade 2016
IOC Akhirnya Ngaku Puas dengan Kesiapan Olimpiade 2016
A A A
RIO DE JANEIRO - Komite Olimpiade Internasional (IOC) akhirnya mengaku puas dengan persiapan panitia penyelenggara Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Hal ini sungguh mengejutkan setelah sebelumnya otoritas olah raga dunia itu beberapa kali mengecam panitia lokal yang dianggap tidak becus dalam menyiapkan sarana dan prasarana pesta akbar empat tahunan tersebut.

Pekan ini, delegasi IOC kembali melakukan pemantauan langsung ke beberapa lokasi termasuk Teluk Guanabara. Sayangnya, dalam inspeksi tersebut terlihat ada ribuan ikan yang mati. Padahal arena tersebut akan dijadikan arena cabang layar.

Namun setelah diselidiki matinya ikan-ikan tersebut bukan karena polusi atau limbah seperti yang dikhawatirkan selama ini. Gubernur Rio, Luiz Fernando Pezao seperti dikutip bbc, Kamis (26/2/2015), kematian ikan-ikan tersebut karena faktor alam.

Menurutnya tidak mudah untuk menyulap teluk tersebut. "Tidak mudah melakukannya (pembersihan teluk). Setiap saat kami terus melalukan negosiasi dan tender untuk membersihkan teluk tersebut," terang Pezao.

Teluk Guanabara memang sempat menjadi pusat perhatian dunia. Beberapa waktu lalu, dari hasil penelitian kalau air di teluk tersebut mengandung bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. (Baca juga : Bakteri Racuni Arena Olimpiade Rio)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5220 seconds (0.1#10.140)