Rivalitas Djokovic dan Federer Bakal Diuji

Sabtu, 28 Februari 2015 - 15:48 WIB
Rivalitas Djokovic dan Federer Bakal Diuji
Rivalitas Djokovic dan Federer Bakal Diuji
A A A
DUBAI - Rivalitas Novak Djokovic dan Roger Federer bakal kembali diuji di pertandingan final Dubai Terbuka 2015. Ini adalah pertemuan ke-37 sepanjang karir mereka di olahraga tenis.

Djokovic dan Federer siap untuk menulis dalam buku rekor pertemuan mereka. Kemenangan menjadi harga mati bagi unggulan pertama jika dia ingin melewati rekor Boris Becker selaku pelatihnya di era terbuka.

Kendati demikian, kedua petenis papan atas ini sama-sama memiliki rekor mengesankan kala tampil di turnamen Dubai Terbuka. Federer tercatat sudah mengoleksi enam trofi juara, sedang raja tenis dunia baru lima kali. Sehingga akan sulit untuk memprediksi siapa yang keluar sebagai juara.

Petenis veteran asal Swiss memang unggul melawan Djokovic (19-17). Catatan mengesankan itu belum cukup membuat Federer merasa nyaman. Terlebih di musim lalu, ayah empat anak ini berhasil dijungkalkan rivalnya di final Wimbledon 2014, lewat pertarungan sengit lima set.

Namun usaha Federer mengamankan sekaligus mempertahankan trofi juara Dubai Terbuka tetap terbuka. Sejauh ini dia belum pernah kehilangan set dan itu berbeda dengan Djokovic. Pada laga semifinal melawan Tomas Berdych, Djoker sapaan akrabnya harus merelakan kehilangan set setelah dipaksa bermain tiga set melawan wakil Republik Ceko, 6-0, 5-7, 6-4.

Pengamat olahraga tenis dari kantor berita Sky Sports, Mark Petchey meramal bila Federer bakal menjadi favorit juara di turnamen ini. "Dia (Federer) telah bangkit dari masa sulit. Saya pikir Djokovic agak sedikit terdapat masalah pada mental tandingnya, karena dia selalu kesulitan saat akan memasuki game akhir. Jadi saya lebih menjagokan Federer," kata Petchey dikutip Sky Sports, Sabtu (28/2/2015).

Di tempat terpisah, Djokovic berkomentar bahwa ini selalu menjadi pertandingan yang sulit. Tapi bagaimana pun dia harus siap melakoni laga ke-37 mereka di partai puncak Dubai Terbuka 2015.

"Ini selalu pertandingan yang sulit. Saya harus siap untuk pertempuran ini dan saya harus siap untuk tetap fokus di seluruh pertandingan. Mudah-mudahan saya akan bisa melakukan itu," tegas Djokovic.

Rekor pertemuan terbanyak sepanjang sejarah tenis

Novak Djokovic vs. Rafael Nadal 42
Novak Djokovic vs. Roger Federer 37
Ivan Lendl vs. John McEnroe 36
Ivan Lendl vs. Jimmy Connors 35
Boris Becker vs. Stefan Edberg 35
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6395 seconds (0.1#10.140)